Guru Muhammadiyah, Bukan Sekadar Pandai Tapi Juga Berintegritas - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 08 September 2022

Guru Muhammadiyah, Bukan Sekadar Pandai Tapi Juga Berintegritas


Batang, Anetry.Net
– Lembaga pendidikan Muhammadiyah sebagai amal usaha persyarikatan berlogo duabelas pancaran cahaya Matahari itu, maju dan berkembang karena kualitas gurunya.

 

Muhammadiyah memiliki profil guru yang berbeda dari guru lainnya. Tak hanya sekadar pandai mengajar, tetapi memiliki integritas moral, berjiwa ikhlas, cerdas dan siap menghadapi tantangan.

 

Ungkapan tersebut disampaikan Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Sholihin Fanani, dalam In House Traning yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Limpung, di SD Muhammadiyah Limpung Kabupaten Batang Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

 

Menjadi Guru Muhammadiyah pun lebih punya tantangan. Lantaran amanat yang diemban cukup berat. Selain mendidik anak-anak, guru diharapkan dapat menjalankan fungsi idealnya sebagai ulama (berilmu), zuama’ (aktivis), auliya (pemimpin) yang mampu membawa pencerahan dan kemajuan masyarakat,” sebutnya.

 

Lebih jauh, Sholihin Fanani menjabarkan tentang parameter guru Muhammadiyah yang tidak hanya cerdas akal, tetapi juga cerdas batin, yakni memiliki kemampuan mengerjakan apa yang harus dikerjakan dan mana yang harus ditinggalkan.

 

Kunci utamanya adalah tauhid dan menyandarkan segala sesuatu kepada Allah. Output dari tauhid adalah taqwa yang tercermin dari akhlak mulia. “Sepandai-pandai orang dan setinggi-tingginya pangkat jika akhlaknya bejat tidak ada gunanya,” tandasnya.

 

In House Training bertujuan untuk membekali seluruh guru dan tenaga kependidikan di lingkup PCM Limpung agar memahami tantangan dunia pendidikan serta mampu menghadapinya dengan baik.

 

Selain menghadirkan mentor dari luar daerah, training juga dihadiri Ketua PCM Limpung, HM Furqon Thohar dan jajaran Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Kabupaten Batang.

 

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh ini diikuti sekitar 150 peserta yang mayoritas guru Muhammadiyah di lingkup PCM Kecamatan Limpung. (sumber: radarpekalongan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad