Dieng Culture Festival, Inisiatif Warga yang Siap Jadi Iven Internasional - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 06 September 2022

Dieng Culture Festival, Inisiatif Warga yang Siap Jadi Iven Internasional


Wonosobo, Anetry.Net
– Untuk ke-13 kalinya Dieng Culture Festival (DCF) digelar. Antusiasme masyarakat berbagai daerah terpicu untuk menyaksikannya.

 

Iven budaya yang digelar di kawasan Candi Arjuna Dieng Kulon, Wonosobo, Jawa Tengah itu, telah masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara (KEN).

 

Ketua panitia DCF 2022 Alif Fauzi mengatakan, DCF kali ini digelar dengan misi khusus untuk mengembalikan lagi cahaya wisata yang sempat padam karena pandemi.

 

"Diharapkan acara ini mampu mengembalikan kembali cahaya wisata, cahaya ekonomi, cahaya budaya, cahaya tradisi, dan lainnya," katanya.

 

Panitia menyediakan 3.500 paket untuk partisipan utama dengan beragam fasilitas mulai dari homestay hingga akses panggung jazz di atas awan.

 

Dan yang istimewa di DCF 2022 itu, turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.  

 

Sandi mengatakan, DCF sangat potensial untuk menjadi iven kelas dunia yang hadir dari bottom up atau hasil inisiatif masyarakat.

 

“DCF 2022 merupakan event daerah yang bottom up dari Kelompok Sadar Wisata hingga komunitas. Meskipun sempat ditunda pelaksanaannya selama dua tahun akibat pandemi, event ini berpotensi menjadi iven kelas dunia,” ujar Sandi akhir pekan lalu di lokasi DCF.

 

Menurut mantan Wakil Gubernut DKI Jakarta itu, dalam 3 sampai 5 tahun ke depan jika dikelola dengan baik, diharapkan ini akan menjadi iven internasional. “Nanti kita akan undang pemusik-pemusik internasional,” sebutnya.

 

Menurut pantauan di lokasi saat kegiatan berlangsung, sejumlah musisi tampil menghibur wisatawan. Mereka antara lain Bima Sakti, Star and Rabbit, Saptu, Jagarta, Amorisa, Fourhband, dan Denny Chaknan. Ada juga Budi Doremi, Andien, Marcell Siahaan, hingga Souljah. (sumber: suara.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad