Di Era Digital, Guru Perlu Kenali Content Management System - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 13 September 2022

Di Era Digital, Guru Perlu Kenali Content Management System


Pekalongan, Anetry.Net
– Sehari-hari, para pendidik dihadapkan pada ruang digital dalam rangka pembelajaran maupun pengembangan profesi. Termasuk di dalamnya bersentuhan langsung dengan duani internet.

 

Ada banyak pendidik di negeri ini yang juga memiliki dan mengelola website. Pun begitu, bagi mereka yang berniat memiliknya, tentu harus mengenal beberapa poin penting dalam pengelolaan media online seperti blog, website, dan aplikasi internet.

 

Salah satunya yang perlu dipahami adalah tentang Content Management System (CMS). CMS adalah perangkat lunak yang membantu pengguna membuat, mengelola, dan memodifikasi konten di situs web tanpa memerlukan pengetahuan teknis khusus.

 

Dalam bahasa yang lebih sederhana, sistem manajemen konten adalah alat yang membantu Anda membangun situs web tanpa perlu menulis semua kode dari awal (atau bahkan tahu cara membuat kode sama sekali).

 

Dilansir dari Kinsta pada tingkat yang lebih teknis, sistem manajemen konten terdiri dari dua bagian inti: Content Management Application (CMA). Ini adalah bagian yang memungkinkan Anda untuk benar-benar menambahkan dan mengelola konten di situs Anda. 

 

Selanjutnya adalah Content Delivery Application (CDA). CDA adalah proses di belakang layar yang mengambil konten yang anda masukkan di CMA, menyimpannya dengan benar, dan membuatnya terlihat oleh pengunjung Anda. Bersama-sama, kedua sistem memudahkan pemeliharaan situs web Anda.

 

Contoh Content Management System WordPress, adalah contoh terbaik dari sistem manajemen konten populer. Meskipun ada sistem manajemen konten lain yang ada, WordPress mempertahankan lebih dari 65,1% pangsa pasar di situs web dengan sistem manajemen konten yang dikenal.

 

Di luar perangkat lunak WordPress yang dihosting sendiri, sistem manajemen konten populer lainnya meliputi: Joomla Drupal Magento (untuk e-commerce), Squarespace, Wix, dan TYPO3.

 

Sebagian besar sistem manajemen konten cukup fleksibel saat ini. Meskipun ada beberapa yang berfokus pada penggunaan tertentu seperti Magento dan eCommerce. Sebagian besar sistem manajemen konten populer dapat digunakan untuk membuat semua jenis situs web apa pun. Misalnya, anda dapat menggunakan WordPress untuk digunakan sebagai Static Websites, Blog, E-commerce, Jaringan social, Forum, maupun Portfolio. (sumber: kompascom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad