Bersama Lintas Kementerian, Kemdikbudristek Siapkan Pola Baru Rekrutmen PPPK Guru - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 23 September 2022

Bersama Lintas Kementerian, Kemdikbudristek Siapkan Pola Baru Rekrutmen PPPK Guru


Jakarta
, Anetry.Net
Kemdikudristek menyiapkan pola baru rekrutmen guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

 

Pola baru tersebut kini tengah didiskusikan Kemdikbusristek dengan berbagai kementerian. Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek, Nunuk Suryani menyebut, rekrutmen PPPK akan lebih menjawab tantangan kebutuhan guru. Ia mengatakan ada pola terbuka dan tertutup dalam seleksi guru PPPK ke depan.

 

"Yang tertutup kami akan seleksi dari kelas yang sudah diisi guru non ASN, artinya sudah ada guru di situ. Kemudian seleksi terbuka untuk rombongan belajar yang membutuhkan guru," kata Nunuk dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis (22/9).

 

Nunuk menyatakan rekrutmen PPPK guru merupakan solusi kekurangan guru di Tanah Air. Dia menyebut skema PPPK cepat menutup kekurangan guru.

 

"Berdasarkan jumlah siswa, rombongan belajar, dan distribusi satuan pendidikan kami membutuhkan 2,4 juta guru. Dan dengan skema PPPK yang dijalankan pada 2021 kemarin saja itu sangat cepat ya sudah ada 724 ribu guru yang bisa memenuhi itu dengan staus sebagai ASN," ungkap Nunuk.

 

Ia yakin bila skema PPPK terus dijalankan angka kecukupan guru di Indonesia cepat tercapai. Selain itu, semakin banyak guru berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

"Tentunya ini berkaitan dengan kesejahteraan mereka juga," ujar Nunuk. (sumber: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad