Beda dari Sebelumnya, Kini Mahasiswa PPG Prajabatan Dipastikan Direkrut Jadi Guru - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 12 September 2022

Beda dari Sebelumnya, Kini Mahasiswa PPG Prajabatan Dipastikan Direkrut Jadi Guru


Jakarta, Anetry.Net
Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru Temu Ismail mengungkapkan, pada PPG Prajabatan ada arah kebijakan baru yang berbeda dari sebelumnya.

 

“Perbedaan ini mulai dari perencanaan, keselarasan rekrutmen dari seleksi hingga induksi, relevansi praktik lapangan, hingga koordinasi,” kata Temu.

 

Lebih lanjut Temu ismail mengatakan, jika pada PPG Prajabatan sebelumnya pelaksanaan dilakukan tanpa mempertimbangkan kebutuhan guru, maka pada program PPG Prajabatan model baru ini dilakukan dengan berdasarkan kebutuhan guru.

 

Selain itu, jika pada lulusan PPG Pra-Jabatan sebelumnya belum memiliki kepastian direkrut menjadi guru, maka pada PPG Prajabatan model baru ini, lulusan PPG Pra-Jabatan memiliki kepastian direkrut menjadi guru.

 

Sementara itu Zainun Misbah selaku Koordinator Pokja PPG Prajabatan dalam pembahasannya mengungkapkan persyaratan untuk menjadi Mahasiswa PPG Prajabatan pada gelombang kedua hanya berbeda sedikit dengan persyaratan gelombang pertama. Perbedaan ini merupakan upaya perbaikan sistem pendaftaran.

 

“PPG Prajabatan membuka kesempatan bagi tamatan S1 atau D4, baik dari jenjang kependidikan maupun non-kependidikan untuk mendaftar menjadi mahasiswa. Itupun bisa dari luar negeri maupun dari dalam negeri, tapi juga harus diingat bahwa calon mahasiswa harus memiliki IPK paling rendah 3.0,” terang Zainun mengenai salah satu persyaratan.

 

Selain itu, terang Misbah, terdapat sedikit perbedaan bidang studi yang diterima pada gelombang kedua ini. Jika pada gelombang pertama dibuka PPG Prajabatan dibuka untuk 17 bidang studi, maka pada gelombang kedua dibuka untuk 18 bidang studi, dan hal ini telah disesuaikan dengan kebutuhan guru-guru yang akan pensiun atau kebutuhan di lapangan.

 

“Bidang studi baru yang dibuka itu ada Bimbingan Konseling dan Seni Budaya. Tamatan S1 yang mendaftar untuk 18 bidang studi tersebut diharapkan linear dengan bidang studi yang dibuka,” kata Misbah. (sumber: laman kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad