Bantu Pengadaan Kapal Sekolah di NTT, Seniman Bali Gelar Aksi Penggalangan Dana - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 26 September 2022

Bantu Pengadaan Kapal Sekolah di NTT, Seniman Bali Gelar Aksi Penggalangan Dana


Denpasar, Anetry.Net
Sejumlah seniman Bali menggelar aksi penggalangan dana untuk pembelian kapal sekolah di , NTT, Minggu (25/9).

 

Kapal sekolah tersebut seharga Rp400 juta dan nantinya akan dipakai untuk mengangkut pelajar yang akan melanjutkan pendidikan. Aksi dua hari ini pun melibatkan beberapa kolaborasi dari para seniman Bali seperti Panji Ibrahim Muhammad Foundation, Iluh Bali, Studiodikubu, OpenArt, Ketut Efrata, dan Aldy Riyadhi.

 

"Ada 20 anak lulusan SD yang terancam tidak bisa melanjutkan ke pendidikan SMP karena masalah transportasi," kata inisiator aksi, Meralda Adam.

 

Dia menceritakan, kampung Kerora yang terletak di pulau Rinca hanya memiliki satu SD dengan jumlah murid hanya 35 anak. Kampung yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo itu belum berdiri SMP.

 

Saat ini ada sekitar 20 anak yang berencana melanjutkan pendidikan SMP di kampung Rinca. Namun untuk menuju ke sekolah, mereka harus berjalan darat dengan waktu sekitar tiga jam. Sedangkan jika dengan kapal, hanya butuh waktu sekitar 30 menit.

 

"Sayangnya, saat ini belum ada kapal umum dari Kerora ke Rinca. Karena Kerora bukan destinasi wisata seperti Rinca," papar Meralda.

 

Kampung Kerora saat ini duhuni oleh 60 KK dengan 295 jiwa penduduk. Sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan petani lebah.

 

Dalam penggalangan dana, Studiodikubu menyajikan karya dalam bentuk instalasi dan produk. Kemudian Iluh Bali, komunitas pelukis perempuan menyajikan karya visual melalui pengalaman pribadi dan juga pandangan mereka terhadap Kampung Kerora.

 

Open Art berpartisipasi melalui pameran foto, lalu Ketut Efrata lewat bukunya berjudul Lejong ke Labuan Bajo dan Aldy Riyadhi berkontribusi melalui karya fotografi kehidupan di Kampung Kerora.

 

Sedangkan YPIM Foundation merilis video clip berjudul Kapal Sekolah yang merupakan projek kolaborasi dengan Melanie Subono, Adama Morris, Anda Perdana, Brother Joe, Rico Mahesi, Jason Latuasan dan Hendro Sinurat. (sumber: okezone)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad