AP3KnI Sebut Harusnya Pendidikan Pancasila Masuk Mapel PKn - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 04 September 2022

AP3KnI Sebut Harusnya Pendidikan Pancasila Masuk Mapel PKn


Jakarta, Anetry.Net
– Melalui RUU Sisdiknas, pemerintah jadikan Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib.

 

Usulan menjadikan pendidikan Pancasila menjadi muatan dan mata pelajaran wajib termuat dalam Pasal 81 dan 84 pada naskah RUU Sisdiknas. Hal ini berdampak pada dihapuskannya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI) menilai, hal tersebut merupakan sebuah prinsip yang salah. Menurutnya pendidikan Pancasila sebenarnya dapat dimasukkan ke Pendidikan Kewarganegaraan.

 

"Pendidikan Pancasila merupakan bagian dari PKn yang berlaku secara khusus di Indonesia. Jadi secara keilmuan dan akademik, Pendidikan Pancasila adalah bagian dari PKn, bukan sebaliknya." kata Ketua AP3KnI, Sapriya dalam keterangannya, Jumat (2/9).

 

PKn atau civic education, katanya, adalah nomenklatur internasional yang berlaku di seluruh dunia.  PKN pun, kata Sapriya, telah mempunyai bidang kajian atau body of knowledge yang jelas. 

 

PKn kata dia adalah pendidikan untuk warga negara secara umum. PKn ditujukan untuk membentuk warga negara yang baik, dengan kajian akademiknya sudah jelas mencakup identitas nasional, ideologi, nasionalisme, patriotisme, demokrasi, hak asasi manusia, pluralisme, negara hukum, konstitusi, cinta tanah air, wawasan nusantara, geopolitik, dan geostrategi. 

 

Sementara pendidikan Pancasila bersifat spesifik pada transfer ideologi, moral, nilai, dan karakter Pancasila pada warga negara. Pancasila sebagai ideologi negara merupakan bagian dari Kajian PKn. 

 

"Oleh sebab itu tidak logis dan tidak mempunyai dasar akademik apabila memasukkan muatan PKn yang luas ke dalam Pendidikan Pancasila yang spesifik," terang dia. (sumber: medcomid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad