Tidak Transparan, Pengamat Nilai Kemdikbud Sembunyikan Sesuatu di RUU Sisdiknas - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 30 Agustus 2022

Tidak Transparan, Pengamat Nilai Kemdikbud Sembunyikan Sesuatu di RUU Sisdiknas


Jakarta
, Anetry.Net
– Berbagai pihak menilai Kemdikbudristek tak terbuka dalam menyusun RUU Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

 

Seperti disampaikan Pengamat pendidikan Dharmaningtyas, Kemdikbudristek dinilai sembunyi-sembunyi dalam menyusun RUU Sisdiknas. 

 

"Secara umum saya kira, Kemendikbudristek itu seperti main petak umpet soal RUU ini. Padahal RUU ini harus dibahas secara terbuka," kata Dharmaningtyas dikutip dari konferensi pers daring, Senin (29/8) kemarin.

 

Ia juga mengkritisi etika Kemdikbudristek dalam menyusun RUU Sisdiknas. Dharmaningtyas menilai ada yang disembunyikan saat pembahasan RUU Sisdiknas. 

 

"Saya melihat itikatnya saja. Kalau RUU ini diperlakukan seperti main petak umpet, berarti ada sesuatu disembunyikan. Sesuatu itu apa? Itu yang harus kita dalami bersama-sama," tuturnya

 

Dharmaningtyas mengatakan, seluruh pihak wajib mengawal pembahasan RUU Sisdiknas. Dia khawatir ada legitimasi dalam dunia pendidikan. 

 

"Saya khawatir ini akan menjadi legitimasi bagi liberalisasi hingga komersialisasi bagi pendidikan itu sendiri. Itu yang saya baca. Jadi, pendidikan itu nanti jadi komoditas yang diperdagangkan," tuturnya. (sumber: medcomid/Ilustrasi: kai.or.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad