Semua Pihak Dukung Perpustakaan Digital Berbasis Inklusi Sosial - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 29 Agustus 2022

Semua Pihak Dukung Perpustakaan Digital Berbasis Inklusi Sosial


Jakarta, Anetry.Net
– Implementasi perpustakaan digital berbasis inklusi sosial menjadi perhatian banyak pihak, termasuk dukungan dari legislator di DPR RI.

 

Implementasi itu menjadi penting, sebab perpustakaan digital ini belum banyak dirasakan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) karena terbatasnya sarana dan prasarana.

 

“Padahal masyarakat di daerah 3T ini ini memiliki kerinduan atau antusias yang luar biasa semangat yang ingin membaca dan ingin mengetahui perkembangan terkini yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba.

 

Hal tersebut disampaikan Eva dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, membahas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat APBN TA 2021 di Gedung Nusantara I, Senayan Jakarta, Kamis (25/8) lalu.

 

Menurut Eva, Perpusnas dapat meningkatkan kerja sama dengan kementerian terkait dalam pengadaan jaringan dan juga perangkat komputer. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan masyarakat terpacu menjadi Gemar Membaca.

 

“(Selain itu juga) memudahkan dalam mengakses pengetahuan dan juga keterampilan yang dapat menjadi peluang usaha mandiri inovatif dan berdaya saing yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di daerah kegiatan,” lanjut legislator daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan III itu.

 

Ia mengaku, ketika mengunjungi daerah pemilihannya, Eva mendapat banyak masukan terkait dengan bantuan buku bacaan untuk dan juga buku buku bergambar.

 

Terlebih, hal tersebut juga sejalan dengan pidato Presiden pada saat Sidang Tahunan pada 16 Agustus 2022 terkait penguatan pendidikan karakter yang menjadi pintu masuk pembenahan pendidikan nasional.

 

“Salah satunya penguatan kualitas layanan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), kehadiran Perpusnas di (dapil) sini saya rasa sangat penting. Minimal bisa memfasilitasi buku bacaan buku bergambar untuk anak-anak usia dini untuk mengasah motorik halus yang sangat perlu dilatih saat anak-anak masuk di jenjang PAUD,” lanjut Eva.

 

Eva menambahkan, masukan-masukan terkait dengan bantuan buku bacaan di dapilnya tersebut tidak hanya dari sekolah PAUD, melainkan juga untuk tingkat SD, SMP dan SMA. Dukungan dan peran pihak perpustakaan yang sudah sangat diharapkan. (dpr/foto: Devi-Man)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad