Selain Kesetaraan Gender, Perempuan Harus Lepas dari Belenggu Peran Cultural - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 30 Agustus 2022

Selain Kesetaraan Gender, Perempuan Harus Lepas dari Belenggu Peran Cultural


Nusa Dua, Anetry.Net
Sebagai upaya mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di dunia kerja, KemenPPPA menyelenggarakan side event  G20 MCWE) di The Nusa Dua.

 

Rangkaian side event bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu,  terdiri dari dialog Menteri PPPA serta kegiatan yoga bersama.

 

Dialog menengahkan diskusi mengenai peranan perempuan baik dalam dunia kerja, penanganan pandemi di sektor pariwisata, perempuan dan belenggu peran cultural, serta isu lainnya mengenai perempuan di dunia kerja.

 

Kegiatan side event ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait peran penting perempuan dalam dunia kerja.

 

Dalam diskusi itu, Menteri PPPA Bintang Puspayogamenjelaskan bahwa konstitusi negara Indonesia, yaitu Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah memberikan mandat terkait kesetaraan gender atau posisi yang setara antara perempuan dan laki-laki, termasuk dalam partisipasi perekonomian.

 

“Namun, kalau kita melihat tingkat partisipasi angkatan kerja, maupun berbagai data dan indeks, hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita bersama untuk menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak,” ujar Bintang.

 

Tidak hanya kontribusi terhadap angkatan kerja, Bintang juga menekankan pentingnya memberikan kesempatan bagi perempuan untuk menjadi pemimpin. Menurutnya, perempuan memiliki potensi luar biasa untuk berkontribusi pada ketahanan ekonomi.

 

“Ketika perempuan diberikan kesempatan, ia akan mampu menjadi pemimpin yang baik. Tidak terlepas juga, perempuan harus saling mendukung satu sama lain. Saya yakin dan percaya kalau melihat wajah optimis para perempuan di hadapan saya,” tuturnya.

 

Salah seorang Direktur ITDC Ema Widiastuti menyampaikan terima kasihnya kepada Menteri PPPA yang telah hadir mengikuti seluruh kegiatan dan memberikan insight mengenai pentingnya peran perempuan.

 

Mendukung kesetaraan gender di dunia kerja, Ema menambahkan bahwa perempuan juga memiliki kemampuan leadership yang setara dengan laki-laki.

 

“Perempuan memiliki kemampuan dan kapasitas yang hebat untuk menjadi seorang pemimpin, memiliki kemampuan negosiasi yang baik, juga interpersonal yang kuat. Hal ini telah dibuktikan dengan adanya pemimpin-pemimpin perempuan dalam negeri yang sudah menunjukkan kemampuannya pada publik,” ujar Ema. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad