Segera dibuka PPG Prajabatan Gelombang 2 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 24 Agustus 2022

Segera dibuka PPG Prajabatan Gelombang 2


Jakarta, Anetry.Net
-- Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022 akan segera dibuka pada Jumat, 26 Agustus 2022.

 

Pengumuman pendaftaran



PPG Prajabatan ini disampaikan oleh akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbud Ristek, @ditjen.dikti, Selasa (23/8).

 

Saat dikonfirmasi, Direktur PPG Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek Temu Ismail, membenarkan adanya pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022. "Benar. Kami membuka kembali pendaftaran PPG Prajabatan gelombang 2," ujarnya, Selasa (23/8). Ia menambahkan, pendaftaran akan dibuka selama satu bulan dan ditutup pada 26 September 2022 mendatang.

 

Lantas apa syarat pendaftarannya?

 

Syarat pendaftaran PPG Prajabatan adalah program pendidikan bagi lulusan sarjana maupun sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik. Selain mendapat sertifikat pendidik, para peserta PPG Prajabatan berkesempatan meningkatkan kompetisi untuk memulai karier sebagai guru profesional.

 

Tak hanya itu, pendidikan ini juga sebagai jalan untuk memperoleh pengakuan sebagai guru profesional. Bagi yang tertarik mendaftar PPG Prajabatan Gelombang 2, pastikan memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Ditjen GTK.

 

Berikut syarat PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022:

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Tidak atau belum pernah terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

- Berusia paling tinggi 32 tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran

- Memiliki ijazah dengan kualifikasi akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D4) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri

- Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00

- Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri)

- Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri)

- Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri)

- Menandatangani pakta integritas

- Bersedia mengikuti tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.

 

Program PPG Prajabatan tidak hanya terbuka bagi lulusan sarjana kependidikan. Namun, selain sarjana kependidikan juga diperbolehkan ikut mendaftar.

 

Dalam PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2022, ada 18 program studi yang dibuka, yakni:

- Bahasa Indonesia

- Bahasa Inggris

- Biologi

- Ekonomi

- Fisika

- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

- Kimia

- Matematika

- Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

- Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

- Pendidikan Luar Biasa (PLB)

- Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn)

- Sejarah

- Geografi

- Sosiologi

- Bimbingan Konseling (BK)

- Seni Budaya.

 

Mekanisme rekrutmen mahasiswa PPG Prajabatan Dilansir dari laman resmi, berikut alur rekrutmen mahasiswa PPG Prajabatan 2022:

- Calon mahasiswa melakukan pendaftaran seleksi masuk PPG Prajabatan melalui SIMPKB yang tersedia di laman http://ppg.kemdikbud.go.id.

- Calon mahasiswa melengkapi seluruh data dan mengunggah semua dokumen yang diperlukan pada akun pendaftaran masing-masing.

- Calon mahasiswa yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, akan mendapatkan informasi untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

- Calon mahasiswa yang status pembayarannya berhasil akan diproses lebih lanjut untuk mengikuti tes substantif.

- Setelah lolos tes substantif, kemudian mengikuti tes wawancara.

- Selanjutnya, Ditjen GTK menetapkan calon mahasiswa yang lulus seleksi PPG Prajabatan.

 

Calon mahasiswa melakukan konfirmasi kesediaan untuk mengikuti PPG Prajabatan di perguruan tinggi yang telah ditetapkan. Penempatan didasari pada bidang studi PPG yang dipilih dan sedapat mungkin dekat dengan domisili. Setelah bersedia dengan penempatan, selanjutnya Ditjen menetapkan mahasiswa PPG Prajabatan 2022.

 

Mahasiswa melakukan lapor diri dan registrasi di LPTK masing-masing dengan membawa dokumen persyaratan yang harus diserahkan dan bersiap memulai perkuliahan.

Sementara itu, jika ingin mengajukan pertanyaan atau membutuhkan bantuan, bisa menghubungi tim helpdesk di laman https://ppg/kemdikbud.go.id/page/hubungi-kami.
(Sumber: Kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad