Puing Roket Long March 5 Milik China Jatuh ke Bumi, Warga Kalimantan Geger - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 05 Agustus 2022

Puing Roket Long March 5 Milik China Jatuh ke Bumi, Warga Kalimantan Geger


Jakarta, Anetry.Net – Puing bekas roket milik China jatuh ke bumi. Sebagian jatuh di lautan India dan Samudra Pasifik.

 

Hal tersebut disampaikan pejabat AS dan pemerintah China beberapa hari lalu. Namun bukan hanya di dua lokasi itu saja, bahkan sebagian puingnya telah jatuh ke daerah Kalimantan dan membuat geger warga lokal di sana.

 

Badan antariksa China menyebut, sebagian besar sisa Long March 5 terbakar di atmosfer, mengidentifikasi Laut Sulu di Pasifik sebagai lokasi masuk kembali di Bumi.

 

Padahal sebelumnya, para ahli luar angkasa mengatakan kemungkinan pendaratan roket di daerah berpenduduk sangat rendah. Kembalinya tahap inti roket yang tidak terkendali telah menimbulkan pertanyaan tentang tanggung jawab atas sampah ruang angkasa.

 

Diberitakan oleh BBC, Selasa lalu, pihak NASA meminta agar badan antariksa China merancang roket agar hancur menjadi potongan-potongan kecil saat masuk kembali, seperti norma internasional.

 

Komando Luar Angkasa AS dalam sebuah tweet, mengatakan Long March 5 masuk kembali di atas Samudra Hindia sekitar pukul 10.45 MDT [16.45 GMT] pada 30/7. Ini merujuk pembacanya ke pihak berwenang China untuk lebih jelasnya.

 

Sementara itu, Badan Antariksa China memberikan re-entry koordinat sebagai 119 derajat Bujur Timur dan 9,1 derajat Lintang Utara. Ini sesuai dengan daerah di Laut Sulu - timur pulau Palawan Filipina di Pasifik utara. (sumber: liputan6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad