Planet Bumi Super di Zona Katai Merah Terdeteksi, Layak Huni? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 03 Agustus 2022

Planet Bumi Super di Zona Katai Merah Terdeteksi, Layak Huni?


Jakarta, Anetry.Net
Teleskop Subaru menangkap exoplanet atau planet ekstrasurya di zona layak huni katai merah.

 

Planet Bumi Super tersebut kemudian dinamai Ross 508b. Planet Ross 508b itu memiliki massa sekitar empat kali Bumi dan berada di dekat zona layak huni. Dilansir dari Phys, Selasa (2/8), planet Bumi Super ini diperkirakan dapat menahan air di permukaannya, dan di masa depan akan menjadi target penting untuk diamati.

 

Penelitian tentang exoplanet telah membuat kemajuan besar dalam beberapa tahun terakhir sejak penemuan planet raksasa di sekitar bintang yang mirip dengan Matahari. Saat ini, para peneliti sedang fokus pada bintang katai merah, yang memiliki massa lebih rendah dari Matahari.

 

Bintang katai merah tersebut memiliki massa tiga perempat dari bintang di galaksi kita dan jumlahnya cukup banyak di sekitar Tata Surya. Penemuan planet Bumi Super Penemuan exoplanet, Bumi Super, memungkinkan untuk dapat membahas ada atau tidaknya kehidupan di lingkungan yang sangat berbeda dengan Tata Surya kita.

 

Kendati demikian, katai merah ini cahayanya sangat redup, karena suhu permukaannya yang rendah kurang dari 4.000 derajat.

 

Sementara itu, pencarian planet sebelum planet Bumi Super ini, menggunakan spektrometer cahaya tampak hanya menemukan beberapa planet di sekitar katai merah yang sangat dekat, seperti Proxima Centauri b.

 

Katai merah ini adalah bintang dengan suhu permukaan di bawah 3.000 derajat dan merupakan katai merah tipe akhir. Pencarian planet dengan menggunakan metode transit telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

 

Metode ini mendeteksi perubahan kecerahan bintang saat planet melintas di depan bintang, tidak memerlukan foton sebanyak metode Doppler spektroskopi. Pencarian planet transit dengan TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) dapat mendeteksi planet terestrial di sekitar katai merah yang relatif berat (katai merah tipe awal).

 

Temuan ini adlah planet Bumi Super pertama yang ditemukan Teleskop Subaru. Pusat Astrobiologi di Jepang saat ini telah berhasil mengembangkan IRD (InfraRed Doppler Instrument), spektograf inframerah presisi tinggi pertama di dunia untuk teleskop kelas 8 meter.

 

Perangkat ini dipasang pada Teleskop Subaru yang dapat mendeteksi goyangan menit dalam kecepatan bintang. Perangkat inilah kemudian mendeteksi keberadaan planet Bumi Super di zona layak huni di sekitar bintang katai merah. (sumber: kompascom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad