Pemerintah Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 03 Agustus 2022

Pemerintah Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka


Klungkung, Anetry.Net
Kemdikbudristek terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi guru, dan pemangku kepentingan lainnya terkait Kurikulum Merdeka.

 

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemdikbudristek Anindito Aditomo di Jakarta, Selasa (2/8) kemarin.

 

Anindito mengatakan, upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek yang ada di provinsi. Koordinasi yang dilakukan tersebut tak lain agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat dipahami secara utuh oleh semua pihak.

 

“Kurikulum Merdeka dirancang untuk memudahkan guru dalam mengajar yang berorientasi pada murid, sehingga menghadirkan pengalaman belajar yang terbaik bagi anak-anak kita,” terang Anindito.

 

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (PSKP), BSKAP, Kemdikbudristek Irsyad Zamjani, turun langsung meninjau implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, 28-29 Juli 2022. Dalam kunjungan kali ini, selain melihat praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka, Irsyad juga memantau persiapan Asesmen Nasional di provinsi tersebut.

 

Saat pertemuan tersebut, Irsyad menyampaikan bahwa sekolah yang bersedia mengimplementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri dan belajar secara otodidak itu, mampu menciptakan kesan positif lingkungan pembelajaran.

 

Kunjungan Irsyad ke Bali terdiri dari dua agenda utama, yakni pertemuan dengan pemerintah daerah dan kunjungan ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Semarapura dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Semarapura untuk memotret berbagai praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka serta memantau persiapan Asesmen Nasional.

 

Sementara itu Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menyambut baik dan sangat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

 

Secara khusus, Suwirta menyampaikan, pembangunan Kabupaten Klungkung berorientasi pada inovasi untuk kesejahteraan masyarakat dan keunggulan daerah dengan tetap memperhatikan keberlanjutan kelestarian alam dan lingkungan.

 

Orientasi pembangunan, sambungnya, akhirnya menjadi acuan dan diturunkan ke dalam program setiap sekolah di Kabupaten Klungkung dalam menentukan inspirasi tema proyek pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

 

Suwirta juga menyatakan,konsep Kurikulum Merdeka ini selain mengikuti talenta dari anak-anak, juga diharapkan bisa mengadopsi kearifan lokal yang ada.

 

“Oleh sebab itu saya berharap kepada guru bisa menerjemahkan Kurikulum Merdeka ini untuk menciptakan anak-anak yang berkualitas, berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” tekan Sang Bupati.

 

Bagi pemerintah daerah, kepala satuan pendidikan, guru, dan masyarakat umum yang masih memiliki pertanyaan terkait implementasi Kurikulum Merdeka dapat menghubungi pusat bantuan (help desk) terpadu menggunakan aplikasi Whatsapp (omnichat) pada nomor +62812-8143-5091. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad