Pemerhati Silat Harus Tahu, Ini 5 Tips Tampil Memukau ala Pendekar Elok - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 13 Agustus 2022

Pemerhati Silat Harus Tahu, Ini 5 Tips Tampil Memukau ala Pendekar Elok


Sidoarjo, Anetry.Net
– “Setidaknya [ada] 5 hal penting yang harus dipersiapkan buat tampil di acara besar.”

 

Demikian tulis Pendekar Utama Tapak Suci Putera Muhammadiyah Elok Kustantono dalam postingan di akun media sosial Facebooknya, Jumat (12/8).

 

Mengutip tips yang diposting oleh Peraga Jurus Harimau di perguruan seni beladiri yang merupakan organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah itu, kelima poin penting tersebut merupakan bagian tak terpisahkan dari penampilan seorang pesilat di dalam kegiatan-kegiatan.

 

Menurut Pendekar Elok, syarat pertama adalah penguasaan materi yang akan ditampilkan. Kedua, kondisi kesehatan pesilat yang harus prima.

 

Selain itu, tulisnya lagi, yang ketiga adalah sara pendukung seperti tempat/arena, sound system, lighting, musik pengiring dan MC yang bagus.

 

Yang keempat, tulisnya lagi, adalah penyesuaian tata gerak dengan musik. Baik untuk musik latar yang ditampilan secara live maupun rekaman. Yang kelima adalah persoalan kostum yang digunakan pesilat.

 

Screenshot postingan Facebook Pendekar Utama TSPM Elok Kustantono.

“Baju yang nyaman dipakai, tidak {membuat] gerah alias menyerap keringat, hingga mendukung kebebasan pesilat dalam melakukan gerakan,” tulisnya.

 

Diketahui, kelima poin yang disampaikan Pendekar Utama Elok Kustantono tersebut diarahkan pada penampilan silat seni. Karena dalam penampilan silat seni bukan hanya persoalan kemampuan penguasaan tata gerak saja yang dibutuhkan, tapi menyeluruh.

 

Secara terpisah saat dihubungi media Anetry.Net, Nova Indra seorang Kader Utama di perguruan beladiri pencak silat berseragam merah itu mengatakan, tips-tips yang diberikan tersebut sangat penting dicerna oleh para pemerhati silat, terutama mereka yang menggawangi kegiatan-kegiatan pencak silat seni.

 

“Tips seperti itu menjadi asupan tersendiri bagi para pemangku kepentingan pencak silat di perguruan-perguruan beladiri silat,” tegas Nova yang juga banyak berguru pada Pendekar Utama Elok Kustantono itu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad