Pemberdayaan Perempuan di G20 Soroti Perempuan Dijadikan Tulang Punggung Keluarga - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 25 Agustus 2022

Pemberdayaan Perempuan di G20 Soroti Perempuan Dijadikan Tulang Punggung Keluarga


Bali
, Anetry.Net
Konferensi Tingkat Menteri G20 tentang Pemberdayaan Perempuan (MCWE) dimulai sejak kemarin.

 

Bertempat di Nusa Dua Bali, konferensi yang akan berlangsung hingga ini dilaksanakan secara hybrid dan diikuti oleh negara-negara yang tergabung dalam G20 dan beberapa negara yang diundang secara khusus.

 

Bertemakan Recover Together, Recover Stronger to Close Gender Gap, G20 MCWE akan mengangkat 3 (tiga) isu utama.

 

Dalam sambutannya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menyatakan, G20 MCWE adalah komitmen Indonesia untuk melanjutkan upaya pengarusutamaan isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan yang dimulai di Italia pada 2021 lalu.

 

“Kami percaya, hanya melalui kerjasama global dan komitmen yang kuat, kami dapat mengatasi tantangan yang dihadapi perempuan, khususnya di masa pemulihan Covid-19 dengan terus mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di semua sektor pembangunan,” tutur Bintang Puspayoga.

 

Katanya, perempuan mengalami dampak yang paling signifikan dari kesenjangan gender, rentan menjadi korban tindak kekejaman dan menanggung beban ganda dalam rumah tangga. Oleh karena itu Kemen PPPA menetapkan tema dengan tiga isu utama.

 

“Indonesia mengangkat tiga isu utama yang menjadi isu strategis dan relevan dengan kondisi saat pandemic,” jelas Bintang.

 

Isu utama tersebut adalah, pertama, ekonomi perawatan pasca-covid-19, yang berfokus pada pekerjaan perawatan tidak berbayar dan kesempatan yang hilang di pasar tenaga kerja. Kedua, menutup kesenjangan gender digital, dengan fokus pada partisipasi perempuan dalam ekonomi digital dan pekerjaan di masa depan.

 

Sementara yang ketiga, kewirausahaan perempuan dengan fokus pada potensi untuk mendukung pengusaha perempuan dalam mempercepat kesetaraan dan mempercepat pemulihan pasca-covid-19.

 

Bintang berharap, konferensi ini dapat menjadi platform yang berharga untuk berbagi ide-ide global, tren masa depan, dan praktik terbaik tentang isu-isu kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, terutama yang terkait dengan tiga isu utama tersebut.

 

“Indonesia telah mengembangkan dan menyajikan 6 catatan kebijakan tentang Pendidikan, Ketenagakerjaan, Ekonomi Digital, Lingkungan dan Perubahan Iklim, Transisi Energi, dan Kesehatan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Menteri untuk Kesetaran Kesempatan dan Keluarga Italia, Elena Bonetti dalam sambutan yang disampaikan secara virtual menyatakan, MCWE di bawah Kepresidenan G20 Italia telah membuka jalan untuk pengakuan penuh atas kesetaraan gender sebagai isu prioritas dalam G20.

 

“Untuk itu, saya berharap Presidensi G20 Indonesia dapat menegaskan kembali komitmen ini, memperkuat visi yang solid dan komprehensif tentang komitmen internasional untuk pemberdayaan perempuan,” ujar Elena Bonetti. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad