Panggung Siswa Bercerita (PSB) 2022 Kuatkan Karakter Siswa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 25 Agustus 2022

Panggung Siswa Bercerita (PSB) 2022 Kuatkan Karakter Siswa


Jakarta,
Anetry.Net
Kemdikbudristek bekerja sama dengan Sanggar Seni dan sekolah akan menyelenggarakan Panggung Siswa Bercerita (PSB) melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

 

Tujuan kegiatan yang digawangi  Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (Dit. PKK), Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud) itu, adalah memperkuat karakter generasi muda Indonesia melalui pengenalan seni budaya.

 

Tahun ini merupakan pertama kalinya Panggung Siswa Bercerita diselenggarakan di dua tempat yaitu di Ramayana Ballet Purawisata Yogyakarta pada tanggal 20 Agustus 2022 dan di Sanggar Wayang Orang Sriwedari, Laweyanstar Surakarta pada tanggal 25 Agustus 2022.

 

“Mudah-mudahan dari Panggung Siswa Bercerita ini akan tumbuh rasa memiliki kebudayaan pada anak. Harapannya 30 sekolah yang ikut kegiatan ini bisa melanjutkan kegiatan berkesenian di sekolah, karena seni berkaitan dengan pembentukan karakter,” ujar Dir. PPK Restu Gunawan, Rabu (24/8) kemarin.

 

Panggung Siswa Bercerita adalah salah satu pengembangan dari Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang bertujuan untuk melakukan penguatan karakter siswa melalui peran seni.

 

Dalam PSB tersebut, para seniman melatih siswa-siswa untuk belajar seni yang kemudian akan dipentaskan di atas panggung untuk menunjukkan hasil pembelajaran.

 

“Adik-adik siswa akan merasa bahwa pentas di panggung itu merupakan sesuatu yang membanggakan, dan dari rasa bangga tersebut tumbuh rasa mencintai kebudayaannya,” imbuh Restu Gunawan.

 

Namun demikian, ia menyadari suksesnya upaya penguatan karakter peserta didik dapat tercipta jika seluruh pemangku kebijakan bersinergi.

 

“Saya mengimbau agar kepala dinas memperkuat jejaring antarsekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui kebudayaan khususnya kesenian,” pesannya.

 

Dengan adanya kegiatan Pangung Siswa Bercerita memberikan kesempatan siswa-siswi untuk belajar langsung dengan para seniman sekaligus menyerap nilai-nilai budaya yang dapat membentuk karakter siswa. Proses latihan para siswa/siswi sebanyak 14 belas pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2022.  

 

“Semoga setelah kegiatan ini sekolah bisa menambah kegiatan ekstrakurikuler, dan orang tua bersemangat mendorong anaknya untuk belajar seni ke sanggar-sanggar,” pungkas Restu Gunawan. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad