Nova Indra: Pendidikan Karakter Melalui Budaya Bisa Jadi Pilihan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 13 Agustus 2022

Nova Indra: Pendidikan Karakter Melalui Budaya Bisa Jadi Pilihan


Pekalongan,
Anetry.Net
 Akar budaya bangsa, bukan saja persoalan bagaimana melestarikan hingga ke anak cucu, namun memanfaatkan sebagai media pendidikan karakter adalah sebuah keniscayaan.

 

Hal itu disampaikan oleh Nova Indra, CEO Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati dalam bincang pagi bersama redaksi media pendidikan Anetry.Net, Sabtu (13/8).

 

“Saya anak Melayu, tentunya ingin budaya yang satu ini menjadi lebih hidup dalam keseharian masyarakat khususnya di daerah-daerah yang berbasis budaya Melayu itu sendiri,” katanya.

 

Menurut sosok yang juga penulis dan tengah menyelesaikan naskah bukunya yang berjudul Pendidikan Karakter Anak Melayu itu, pendidikan karakter dapat dilakukan melalui beragam media.

 

“Seperti di Melayu, pendidikan karakter dilakukan juga melalui pemberian pemahaman pantun-pantun. Kami orang Melayu suka berpantun, dan di dalamnya ada nilai-nilai yang dibangun sedemikian rupa agar dapat dimaknai dengan baik,” terangnya.

 

Mungkin, katanya lagi, di daerah lain di Nusantara juga ada hal serupa. Bahwa pendidikan karakter dibentuk sejak dini melalui bahasa sastra.

 

“Ini penting dilestarikan melalui karya tulis. Jangan sampai suatu ketika nanti anak cucu kita tak lagi kenal khazanah budayanya yang sangat bernilai,” tegasnya.

 

Sementara itu, kekinian, pemerintah juga sedang memonitor perkembangan pantun sebagai warisan budaya tak benda. Kemdikbudristek melalui Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) tengah melakukan evaluasi keberadaan pantun di tengah masyarakat. (*)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad