Menyusun Perangkat Ajar, Mengenali ATP Mapel dengan Benar - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 01 Agustus 2022

Menyusun Perangkat Ajar, Mengenali ATP Mapel dengan Benar


Pekalongan
, Anetry.Net
Menyusun perangkat ajar di Kurikulum Merdeka sebenarnya gampang saja. Guru harus memahami setiap item perangkat dengan benar.

 

Khusus untuk administrasi guru dalam bentuk program pembelajaran, baik dalam bentuk Program Semester (Promes) maupun Program Tahunan (Prota), kebanyakan guru kesulitan memahami bagaimana mengisikan alur tujuan pembelajaran (ATP) pada masing-masing mata pelajaran.

 

Untuk dipahami, ATP masing-masing mata pelajaran, disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir dari suatu Capaian Pembelajaran.

 

ATP mata pelajaran, tersusun secara sistematis dan logis dalam pada masing-masing fase secara utuh dan dituliskan menurut urutan materi pembelajaran.

 

Jadi, ATP mata pelajaran disusun linier sesuai urutan-urutan kegiatan pembelajaran. Gunanya urutan sistematis tersebut adalah untuk mengukur dari waktu ke waktu bagaimana perkembangan Capaian Pembelajaran itu sendiri.

 

Lalu Apa itu Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran? CP merupakan kompetensi yang diharapkan tercapai oleh peserta didik di aklhir fase pembelajaran.

 

Sementara itu yang dimaksud kompetensi dalam ATP mata pelajaran, adalah kemampuan yang dapat didemonstrasikan atau dikuasai peserta didik pada mata pelajaran terkait. Sedangkan konten dalam ATP, merupakan materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik.

 

Jadi, ternyata dalam menyusun perangkat ajar dan administrasi guru dalam menjalankan Kurikulum Merdeka sangatlah mudah. Tetapi memang guru harus sedikit bekerja keras karena menjalankannya butuh kesiapan keterampilan guna menuju CP yang diinginkan. (*)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad