Layaknya Google, Indonesia Ingin Miliki Mesin Pencari Buatan Anak Bangsa - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 09 Agustus 2022

Layaknya Google, Indonesia Ingin Miliki Mesin Pencari Buatan Anak Bangsa


Jakarta, Anetry.Net
Pemerintah ingin miliki search engine buatan dalam negeri. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menamakannya Gatotkaca.

 

Seperti diketahui, layaknya Google, beberapa negara lain kini sudah memiliki search engine buatan sendiri.

 

Tapi Menkominfo Johnny mengakui, pengembangan search engine itu susah dan mahal, meskipun kehadiran teknologi itu baik untuk independensi sebuah negara.

 

"Lebih susah lagi karena sangat besar dan mahal. Idealnya untuk ke independensi tentu punya search engine. Ada banyak negara yang mempunyai search engine (sendiri), Amerika Serikat, Tiongkok, Rusia, Prancis, punya masing masing," kata Johnny dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (8/8) kemarin.

 

Saat ini, sambung Johnny, Kominfo memang belum menyiapkan search engine tersebut. Sebab waktu dan biaya pemerintah saat ini lebih banyak ditujukan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

 

"Namun kami tentu suatu saat nanti kalau bisa mempunyai search engine kan baik juga. Saat ini kami belum menyiapkannya karena memang kami punya waktu dan biaya selama ini kan lebih banyak perhatiannya untuk menangani Covid-19," jelas dia.

 

Sebelumnya Johnny mengemukakan rencana untuk mengembangkan search engine. Ini disampaikannya saat diwawancara dalam podcast Deddy Corbuzier. Di sana, ia mengusulkan search engine buatan sendiri yang bernama Gatotkaca sebagai pengganti Google.

 

"Saya pada saat menjadi menteri pertama saya panggil tim. Saya panggil tim, bisa enggak kita membuat search engine. Name it Gatotkaca," ujarnya dalam podcast di kanal YouTube Deddy Corbuzier beberapa hari lalu. (sumber: suara.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad