Hari Terakhir Pendaftaran PPG Madrasah, Segera Siapkan Diri Anda - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 05 Agustus 2022

Hari Terakhir Pendaftaran PPG Madrasah, Segera Siapkan Diri Anda


Jakarta, Anetry.Net
– Masa pendaftaran PPG untuk guru madrasah akan ditutup hari ini, Jumat (5/8). Bagi yang ingin mendaftar bisa segera lakukan.

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama telah membuka pendaftaran PPG untuk guru madrasah. Guru kelas MI, RA, guru rumpun agama ataupun guru mata pelajaran umum bisa mengajukan diri.

 

Guru mata pelajaran rumpun agama yang diperbolehkan ikut adalah mereka yang mengajar Al Quran Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqih, Bahasa Arab, dan Akidah Akhlak.

 

Mengutip Pusat Layanan Simpatika Kemenag, informasi mengenai pendaftaran PPG guru madrasah tercantum dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor B-476/DJ.I/Dt.I.II/HM.00/07/202.

 

Bagi guru pendaftaran, perlu pula diketahui syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti PPP Guru madrasah ini. Syaratnya adalah sebagai berikut.

 

1. Tercatat aktif di SIMPATIKA sebagai guru dengan satuan administrasi pangkal atau satminkal di madrasah.

 

2. Punya sertifikat akademik minimal D4/S1 yang berlatar belakang linier dengan mata pelajaran yang dipilih, sebagaimana aturan linieritas.

 

3. Punya SK pengangkatan sebagai guru dengan TMT maksimal tahun 2022.

 

4. Punya NPK.

 

5. Tidak pernah ikut program sertifikat guru maupun memegang sertifikat pendidik.

 

6. Usia paling tinggi 58 tahun pada bulan Agustus 2022.

 

Adapun tahapan PPG Guru Madrasah ini setelah calon peserta mendaftarkan diri, akan dilakukan seleksi akademik tanggal 8-10 Agustus 2022. Kemudian hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 12 Agustus mendatang.

 

Mengutip dari laman resmi Kemenag, persiapan akhir PPG Dalam Jabatan untuk guru madrasah telah digelar melalui focus group discussion (FGD) di Bogor pada 23-24 Mei 2022 lalu. Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag, Mustofa Fahmi, mengatakan seleksi akademik harus diadakan pada tahun ini supaya bisa mempersiapkan peserta PPG pada tahun 2023.

 

"Saat ini data longlist guru madrasah yang lulus seleksi akademik tersisa 12.300 guru," ungkapnya.

 

Sementara itu Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain, turut menyebutkan bahwa PPG mandiri atau Pra Jabatan harus segera diadakan. Pasalnya, apabila mengandalkan PPG Dalam Jabatan semata, antrean guru yang belum tersertifikasi akan kian menumpuk.

 

Berdasarkan data di Simpatika, kita memiliki 420.000 guru madrasah yang sudah dinyatakan layak untuk mengikuti PPG," kata Zain dalam kesempatan yang sama.

 

"Apabila kita hanya mengandalkan PPG Dalam Jabatan yang kuotanya hanya 9000 per tahun maka akan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk menyelesaikan sertifikasi guru. Oleh karena itu PPG mandiri harus segera dilaksanakan," jelasnya. (sumber: detikcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad