Fenomena Sturgeon Moon Bisa Disaksikan Besok, Catat Waktunya! - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 10 Agustus 2022

Fenomena Sturgeon Moon Bisa Disaksikan Besok, Catat Waktunya!


Jakarta, Anetry.Net
Fenomena antariksa supermoon kembali bisa disaksikan oleh setiap orang di bumi.

 

Fenomena supermoon ini adalah yang terakhir di tahun 2022. Supermoon kali ini disebut dengan Sturgeon Moon yang bia kita saksikan pada 11-12 Agustus 2022.

 

Peristiwa langit Sturgeon Moon bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia. Penamaan Sturgeon Moon merujuk pada munculnya ikan Sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat.

 

“Sturgeon Moon dapat disaksikan di Indonesia sejak 11 Agustus, sekitar 20-30 menit sebelum matahari terbenam hingga 12 Agustus 10-20 menit setelah matahari terbit."

 

Hal tersebut dikatakan Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (9/8) kemarin.

 

Waktu menyaksikan Sturgeon Moon, kata Andi menuturkan, bulan purnama yang memiliki nama lain Green Corn Moon ini akan terbit dari arah Tenggara, berkulminasi di langit belahan Selatan dan terbenam di arah Barat Daya. Untuk waktu puncak purnama astronomisnya, akan terjadi pada 12 Agustus 2022 pukul 08.35 WIB/09.35 Wita/10.35 WIT.

 

“Sehingga bulan memungkinkan dapat terjadi sebelum matahari terbenam,” tutur dia.

 

Mengutip Live Science, sebagian besar publikasi menganggap Sturgeon Moon sebagai Supermoon, yang berarti bulan purnama terjadi ketika bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee) selama orbit saat ini.

 

Sturgeon Moon akan muncul dalam 90 persen perigee, menjadikannya supermoon menurut sebagian besar definisi ilmiah. Supermoon dapat muncul lebih besar dan hingga 16 persen lebih terang di langit daripada bulan purnama biasanya.

 

Sturgeon Moon akan menjadi supermoon keempat di tahun ini, setelah Buck Moon pada Juli, Strawberry Moon pada Juni, dan Flower Moon pada Mei. (sumber: kompascom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad