Dukung Kurikulum Merdeka, Pemko Padang Antusias dengan Projek Profil Pelajar Pancasila - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Rabu, 03 Agustus 2022

Dukung Kurikulum Merdeka, Pemko Padang Antusias dengan Projek Profil Pelajar Pancasila


Padang, Anetry.Net
Wali Kota Padang Hendri Septa menyatakan komitmennya dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

 

 Hendri mengatakan, salah satu hal yang menarik dari implementasi Kurikulum Merdeka dan program Sekolah Penggerak adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila.

 

“Yang menarik itu adalah P5, yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jadi setiap sekolah antusias merancang dan membuat projek semenarik mungkin sesuai dengan minat siswa dan sekolahnya,” ujar Hendri Septa, Selasa (2/8).

 

Ia menuturkan, saat ini terdapat 57 satuan pendidikan di Kota Padang yang terpilih sebagai Sekolah Penggerak dan sudah melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka sejak tahun lalu (bagi Sekolah Penggerak angkatan pertama). Hendri berharap Kota Padang bisa menjadi pilot project dan lebih unggul dalam hal pendidikan dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.

 

Dalam pertemuan mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek di Kantor Wali Kota Padang itu, Sekretaris BSKAP Kemdikbudristek Suhadi mengatakan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, guru dan kepala sekolah diberikan keleluasaan untuk mengembangkan kurikulum satuan pendidikan masing-masing.

 

Keleluasaan itu, sambung Suhadi, sesuai dengan potensi yang dimiliki sekolah dan daerahnya. Pemerintah daerah bersama sekolah bisa memetakan keunggulan lokal yang ada di daerah dan menjadikannya sebagai potensi bagi siswa, kemudian mengangkat potensi lokal tersebut dengan pengembangan inovasi dari guru dan pemda.

 

“Kami juga menyediakan platform Merdeka Mengajar untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dan sebagai media untuk menggali praktik baik pembelajaran yang bisa digunakan untuk proses pembelajaran di semua satuan pendidikan,” ujar Suhadi.

 

Pertemuan Implementasi Kurikulum Merdeka di Kota Padang dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Selain mendengarkan penjelasan dari Tim Pengembang Kurikulum Kemdikbudristek, peserta juga mengikuti sesi tanya jawab mengenai implementasi Kurikulum Merdeka. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad