Decak Kagum di Parade 1000 Songket Pandai Sikek Festival - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 30 Agustus 2022

Decak Kagum di Parade 1000 Songket Pandai Sikek Festival


Tanah Datar, Anetry.Net
– Budaya Nusantara tak pernah sepi dari iven besar dan menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah Pandai Sikek Festival di Tanah Datar Sumatra Barat.

 


Pandai Sikek adalah salah satu kenagarian di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Terletak di Kecamatan X Koto, dan dikenal sebagai sentra kerajinan tenunan Songket yang sangat indah.

 

Kenagarian yang terletak di kaki gunung Singgalang itu beberapa pekan ini terlihat sangat ramai dikunjungi warga, mereka berdatangan dari daerah seputar Sumbar maupun pengunjung dari mancanegara.

 


Pandai Sikek Festival yang berlangsung dengan acara puncak pada 27-28 Agustus itu diisi dengan berbagai iven menarik. Dan yang paling membuat pengunjung berdecak kagum adalah Parade 1000 Songket yang dipamerkan di sepanjang kegiatan.

 

Songket adalah produk unggulan Pandai Sikek yang mendunia. Parade 1000 Songket tersebut selain mengetengahkan keindahan karya tangan (handmade) warga setempat, juga menghasilkan nilai ekonomi yang sangat tinggi.

 


Tak kurang dari 37.000 pengunjung turut menyaksikan kegiatan Parade 1000 Songket pada iven Pandai Sikek Festial yang juga dibarengi kegiatan pendukung seperti Fashion Show, pameran ukiran, dan kegiatan adat lokal lainnya.

 


Dalam Parade 1000 Songket tersebut, menurut data dari pemerintah setempat, nilai transaksi yang diperoleh selama kegiatan senilai Rp3,6 miliar. Sungguh negeri ini kaya dengan ragam budaya yang indah dan bernilai mahal. (*)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad