Apa itu Teknologi Cloud Computing yang Juga Dibutuhkan Dunia Pendidikan? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 08 Agustus 2022

Apa itu Teknologi Cloud Computing yang Juga Dibutuhkan Dunia Pendidikan?


Jakarta, Anetry.Net
Cloud Computing sudah tidak asing lagi bagi pengguna internet zaman sekarang.


Teknologi Cloud Computing ini dapat membuat data dan program mampu disimpan dan diakses melalui internet dari perangkat apapun dan berlokasi di manapun. 

 

Cloud Computing ini bisa sebagai pilihan utama bagi pengguna yang tidak mempunyai modal besar untuk membeli perangkat sistem IT yang besar, atau enggan membayar biaya pemeliharaan. Cloud Computing bisa mengurangi investasi awal.

 

Dengan layanan IT Cloud Computing ini, pengguna hanya perlu menyewa layanan kepada penyedia (provider) cloud, tanpa harus mengeluarkan biaya pemeliharaan. Provider wajib menjaga keamanan layanan IT berbasis cloud dengan baik.

 

Layanan IT berbasis Cloud Computing juga memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstal aplikasi dan memudahkan penggunanya untuk mengakses data dan informasi melalui internet. 

 

Penggunaan teknologi cloud computing ini memberikan banyak keuntungan dan manfaat bagi bisnis perusahaan, diantaranya sebagai berikut ini:

 

Hemat Biaya

 

Alasan terbesar bagi pengguna yang berpindah ke cloud saat ini adalah karena cloud ini dapat menghemat biaya. Penggunaan cloud computing ini sangat hemat biaya untuk alokasi perangkat keras. Cloud computing juga tidak memerlukan maintenance dan mengurangi pemakaian listrik.

 

Efisiensi dan Skalabilitas yang Tinggi

 

Salah satu manfaat utama dari cloud computing adalah kemampuan untuk scale up and down sesuai dengan tuntutan real-time. Apabila bisnis membutuhkan lebih banyak RAM, ruang hard drive atau pun CPU, masing-masing bisa ditambahkan dengan cepat.

 

Pengguna tidak perlu membeli RAM baru, tetapi cukup meminta pada cloud provider untuk menambah atau memperbarui beberapa Gigabyte saja. Selebihnya, pengguna bisa mengurangi atau downgrade RAM ke spesifikasi semula.  

 

Penggunaan yang Fleksibel

 

Ketika data yang dimiliki terlalu besar ukurannya, maka cloud secara otomatis bisa menambah kapasitasnya hanya dalam hitungan menit dengan melakukan self-provisioning. Oleh karena itu, pengguna tidak perlu melakukan penambahan jumlah komputer.

 

Selain itu, karena terdapat data yang tersimpan di dalam server pada internet, maka akan mudah bagi pengguna untuk mengakses data di manapun dan kapanpun asal komputer atau PC mereka terhubung dengan koneksi internet. 

 

Data Terpusat di Server

 

Banyak pengguna yang beralih ke cloud computing ini karena pengguna bisa mengakses mesin cloud-nya dari mana saja selama tersambung dengan akses internet.

 

 Misalnya, apabila pengguna yang memiliki data di cloud server yang sudah melakukan sinkronisasi antara komputer dan di smartphone, maka ia dapat mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data itu sudah menggunakan server berbasis cloud

 

Tingkat Keamanan Jauh Lebih Tinggi

 

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyimpanan file dan data di cloud itu berarti membuka bisnis mereka pada risiko keamanan. Sebenarnya solusi cloud pada saat ini memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan solusi on-premise.

 

Aksesibilitas yang Tinggi

 

Sejak hadir dan beredarnya cloud di dunia maya, maka pengguna bisa mengakses apapun dari jarak jauh. Hal ini sangat membebaskan pengguna melakukan kegiatan dan pekerjaan dimanapun dan kapanpun. (sumber: helios)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad