Anda Tahu Bumi Berotasi Lebih Cepat? Para Ahli Berpendapat Begini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 06 Agustus 2022

Anda Tahu Bumi Berotasi Lebih Cepat? Para Ahli Berpendapat Begini


Pekalongan, Anetry.Net
Di pertengahan tahun ini, tepatnya tanggal 26 Juli 2022, bumi ternyata berotasi lebih cepat dari biasanya.

 

Jadi, ungkapan terasa hari belalu begitu cepat mungkin tidak salah juga. Ilmuwan dari Laboratorium Nasional Inggris baru saja mengungkapkan hari terpendek di Bumi pada 26 Juli tersebut. Bumi berotasi kurang dari 24 jam sehari, tepatnya 1,50 milidetik lebih cepat dari biasanya.

 

Mengutip situs Science X Daily, bumi berotasi lebih cepat dari biasanya, menyebabkan pergantian hari menjadi lebih singkat.


Lalu mengapa bumi berputar lebih cepat? Ilmuwan belum bisa menetapkan sebab pasti mengapa bumi berputar lebih cepat dari biasanya. Namun, beberapa spekulasi ilmiah yang memungkinkan jadi penyebabnya adalah:

Perubahan iklim

 

Mencairnya gletser di Kutub berpengaruh pada rotasi Bumi. Bertambahnya massa air dan angin disebut mampu menarik Bumi.

 

Kejadian gempa bumi

 

Gempa bumi dan aktivitas seismik di pusat bumi mendorong bumi menuju pusatnya. Inilah yang membuat bumi berputar lebih cepat.

 

Pergerakan di dalam inti bumi

 

Pergerakan di dalam inti cair bumi dapat menggeser massa di planet ini.

 

Laut

 

Sirkulasi laut dan tekanan di dasar laut disebut bisa menarik poros bumi.

 

Chandler Wobble

 

Chandler Wobble adalah istilah untuk menunjukkan poros bumi yang tidak berbentuk bulat sempurna. Hal ini menyebabkan perubahan pada kecepatan putaran bumi.

 

Lalu apa dampak yang akan dirasakan bila bumi terus saja berotasi lebih cepat dari biasanya? Untuk saat ini, ilmuwan belum menemukan dampak negatif dari percepatan rotasi bumi.

 

Dilansir dari Science Focus, pergantian waktu yang lebih cepat dari biasanya tidak membahayakan. Tapi hal ini bisa berpengaruh pada teknologi, seperti satelit, telepon seluler, komputer, dan jaringan komunikasi yang bergantung pada keakuratan waktu.

 

Beberapa ilmuwan juga menyatakan percepatan rotasi bumi bisa menjadi awal dari periode baru. Menyebabkan hari-hari akan menjadi lebih pendek dari biasanya. (sumber: deticom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad