Anda atau Kerabat Ingin Kuliah di Inggris? Ayo Manfaatkan Beasiswa Chevening - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 04 Agustus 2022

Anda atau Kerabat Ingin Kuliah di Inggris? Ayo Manfaatkan Beasiswa Chevening


Jakarta, Anetry.Net
Ada yang ingin kuliah gratis alias beasiswa di Inggris tanpa kriteria usia tertentu? Ini kesempatan anda menjejak pendidikan Strata 2 di sana.

 

Kini, pendaftaran beasiswa Chevening 2023-2024 telah dibuka sejak 2 Agustus lalu. Pendaftaran akan ditutup pada 1 Nopember mendatang.

 

Sebelum mendaftar, ada baiknya anda ketahui dulu apa itu beasiswa Chevening. Beasiswa Chevening adalah program beasiswa internasional Pemerintah Inggris. Didanai oleh Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan dan organisasi mitra.

 

Pemerintah Inggris menawarkan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk belajar di Inggris selama satu tahun dengan pendanaan penuh untuk jenjang S2. 

 

Calon mahasiswa untuk beasiswa Chevening berasal dari beragam negara dan latar belakang. Namun yang terpenting, pelamar beasiswa ini harus memiliki semangat, visi, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk dunia yang lebih baik.

 

Mengutip laman chevening.org, ada banyak keuntungan yang akan didapat penerima beasiswa Chevening.  Mulai dari biaya kuliah yang didanai penuh, akses ke beberapa pendidikan berkualitas terbaik di dunia, peluang mendapatkan jaringan eksklusif, dan kesempatan untuk menjelajahi budaya Inggris yang beragam.

 

Di akhir beasiswa Anda, awardee (lulusan beasiswa Chevening) akan bergabung dengan komunitas Chevening yang beragam dengan lebih dari 50.000 alumni global. Awardee akan kembali ke negaranya dilengkapi dengan pengetahuan dan jaringan untuk menghidupkan ide-ide dan berkembang dalam karier.

 

Nah, bagi anda yang ingin mendaftar, simak persyaratan, jadwal hingga tahapan yang harus dilalui. Untuk diketahui, beasiswa Chevening paling fleksibel. Beasiswa ini bisa didaftar oleh siapapun yang memenuhi persyaratan tanpa batasan usia. Jadi tidak ada persyaratan batas usia, lho. Siapapun anda bisa mendaftar.

 

Yang terpenting, pendaftar memiliki ambisi, kualitas pemimpin, dan keinginan membawa perubahan ke arah yang lebih baik di negara asalnya. Pendaftar juga wajib kembali ke Indonesia minimal dua tahun setelah lulus S2.

 

Para pelamar beasiswa Chevening juga dipersyaratkan  memiliki pengalaman kerja dua tahun atau total 2.800 jam. Lalu, menulis empat esai sesuai ketentuan Chevening, serta mendaftar dan diterima di universitas di UK.

 

Apa yang anda dapatkan secara finansial dalam masa kuliah dengan beasisw Chevening? Yang anda dapatkan adalah, full tuition (kecuali untuk gelar MBA), monthly stipend, tiket pesawat pulang pergi, homeland departure allowance, on arrival allowance, biaya aplikasi visa, dan travel grant untuk Chevening events.

 

Secara non finansial, anda memperoleh Academic talks eksklusif untuk Chevening, Chevening Conference, Chevening Debate, Global Leaders workshop, Media training, Chevening Talks, Trips dan tour bersama Chevening, Intenship, volunteer, dan perlombaan, serta Networking event seperti Roundtable policy discussions, burns night celebrations, Wilton Park digital diplomacy retreat, receptions with Chevening partner organizations, leadersip retreats at Cumberland Lodge, join networking alumni.

 

Lalu untuk syarat administrasi yang mesti dipenuhi adalah, Surat rekomendasi, LoA unconditional (tidak wajib saat awal mendaftar, tapi bila lolos sampai shortlisted candidate baru diminta), IELTS (tidak wajib saat awal mendaftar beasiswa, hanya diperlukan untuk daftar universitas di UK), dan Ijazah dan transkrip (hanya diunggah jika terpilih menjadi shortlisted candidate).

 

Mengenai jadwal dan tahap pelaksanaan beasiswa Chevening ini aalah, 2 Agustus-1 November 2022 (Masa pendaftaran), 2 November-pertengahan November 2022 (Seleksi administrasi pelamar yang memenuhi kriteria), Pertengahan November-Desember 2022 (Seleksi oleh Independent Reading Committe), Awal Hingga Akhir Februari 2023 (Pengumuman shortlisted candidate), dan Februari 2023-akhir April 2023 ( Batas waktu unggah referensi dan dokumen pendukung bagi pelamar yang masuk tahap wawancara).

 

Jadwal lanjutannya adalah, 27 Februari-28 April 2023 (Seleksi wawancara), Juni 2023 (Pengumuman hasil seleksi), 13 Juli (Batas akhir pengumpulan LoA Unconditional dari kampus tujuan), serta September/Oktober 2023 (Mulai perkuliahan).

 

Jadi bila anda berminat, ayo segera saja persiapkan diri dengan berkas-berkas yang diminta. (sumber: medcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad