Tips Atasi Indikator Akses WiFi Tidak Muncul di Laptop - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 24 Juli 2022

Tips Atasi Indikator Akses WiFi Tidak Muncul di Laptop


Pekalongan, Anetry.Net – Mungkin di saat anda sangat membutuhkan jaringan WiFi tiba-tiba laptop tidak mendeteksi sinyal. Pasti sangat menjengkelkan bukan?

 

Semua pekerjaan anda yang berhubungan dengan internet akan terhambat. Ketika menghadapi masalah itu, biasanya cara yang digunakan adalah dengan mengupdate driver WiFI di laptop anda.

 

Driver wifi yang bermasalah atau versi driver yang sudah terlalu lama bisa menjadi salah satu penyebab wifi pada laptop tidak muncul. Untuk itu, Anda perlu melakukan update driver wifi.

 

Nah, bila sudah melakukannya, tapi masih belum terdeteksi WiFi di laptop anda, maka anda bisa lakukan beberapa tips di bawah ini.

 

Aktifkan layanan WLAN AutoConfig

 

WLAN AutoConfig merupakan layanan yang berfungsi untuk mengonfigurasi keamanan pada nirkabel dan pengaturan konektivitas.

 

Apabila WiFi tidak terdeteksi di laptop, kemungkinan karena service windows anda dalam keadaan disable. Untuk mengaktifkannya kembali, lakukan langkah berikut.

 

- Tekan Windows + R secara bersamaan untuk menjalankan kotak Run, lalu ketik service.msc dan tekan tombol Enter.

 

- Kemudian klik kanan pada menu Wlan AutoConfig dan klik Properties. Apabila Anda menggunakan Windows XP, klik kanan menu Wireless Configuration dan klik Properties.
Pada menu Startup Type, pilih Automatic dan klik OK.

 

- Setelah selesai, restart laptop anda dan sambungkan kembali pada WiFi untuk melihat apakah WiFi telah muncul kembali?

 

Gunakan Command Prompt

 

Cara ini dilakukan untuk memperbaiki masalah yang ada pada sistem registrasi. Biasanya kondisi ini akan terlihat pada status internet berupa troubleshoot. Untuk mengatasi masalah ini, coba lakukan langkah berikut:

 

- Buka command prompt dengan cara tekan tombol Windows + R, lalu ketik cmd

 

- Kemudian masukkan perintah reg delete HKCRCLSID{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f

 

- Tekan enter lalu masukkan perintah baru, yaitu netcfg -v -u dni_dne

 

- Selanjutnya tekan enter kembali dan tunggu hingga proses selesai.

 

Setelah proses selesai, lakukan restart pada laptop Anda.

 

Restart router wifi

 

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah wifi tidak terdeteksi pada laptop yaitu dengan melakukan restart pada router wifi.

 

Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki akses ke perangkat router. Anda cukup mematikan atau mencabut sambungan listrik ke router. Tunggu beberapa menit dan kembali nyalakan.

 

Demikian cara mengatasi wifi laptop yang tidak terdeteksi. Apabila semua cara di atas telah dicoba namun belum juga membuahkan hasil, mungkin anda perlu segera membawa laptop ke ahlinya. (sumber: cnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad