Tips Agar Anak Siap Memasuki Sekolah Baru, Simak di Sini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 07 Juli 2022

Tips Agar Anak Siap Memasuki Sekolah Baru, Simak di Sini


Pekalongan, Anetry.Net
– Beberapa hari lagi anak-anak kita akan memasuki masa pembelajaran 2022-2023. Bagi yang naik kelas tidak masalah, bagaimana dengan yang baru masuk?

 

Banyak persoalan kadang muncul ketika anak baru masuk sekolah, terutama bagi mereka yang memiliki anak usia sekolah dasar. Masuk SD adalah masa penting bagi tumbuh kembang anak baik secara mental maupun lainnya.

 

Ada anak yang tidak siap untuk sekolah di SD karena sebelumnya tidak siap mental. Pola pendidikan SD yang sudah sangat formal, berbeda dari masa kanak-kanak mereka seperti di masa prasekolah. Ini harus jadi perhatian orang tua.

 

Untuk menjadi siswa SD, anak sudah harus memiliki mental yang cukup. Karena selain mata pelajaran formalnya, pola pergaulan pun menjadi sangat baru bagi mereka. Lalu apa yang harus disiapkan oleh orang tua?

 

Berikut adalah tips untuk para orang tua dalam menyiapkan dan membantu anak-anak yang baru masuk sekolah dasar.

1. Beri contoh cara membangun pergaulan baru

 

Anak adalah makhluk peniru yang sangat baik. Karakter meniru ini menjadi sesuatu yang positif dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Sebagai orang tua, kita bisa siapkan mereka dengan cara membangun pergaulan baru.

 

Pergaulan baru mereka nantinya di SD, tentu diawali dengan berkenalan dan saling menyapa. Ini perlu diberikan pelajaran dan motivasi yang baik oleh orang tua. Ajari mereka tentang cara berkenalan, berteman baru, dan membangun lingkungan sosial baru.

 

2. Ajak diskusi tentang peralatan sekolah

 

Pasti saja untuk memasuki sekolah barunya, anak membutuhkan peralatan belajar. Mempersiapkannya dengan cara berdiskusi bersama mereka, adalah salah satu cara untuk memberikan pengetahuan tentang beragam kebutuhan belajar.

 

Dengan itu mereka menjadi tahu bahwa lingkungan sekolah barunya dengan segala kebutuhan belajara adalah sesuatu yang menjadi fokus mereka nanti.

 

3. Ingatkan tentang kondisi kesehatan

 

Ingat, masih dalam masa pandemi lho. Di sekolahnya nanti, anak harus siap untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Orang tua tentu tidak ingin anak-anak mereka menjadi sakit atau terpapar penyakit di masa pandemi ini.

 

Ajarkan mereka menjaga pergaulan dan komunikasi secara tepat sesuai protokol kesehatan.

 

Bagaimana? Anak anda sudah siap bersekolah? Semoga selalu menjadi generasi bangsa yang siap memimpin dan dipimpin dengan baik. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad