Tahun Ajaran Baru, Guru Diimbau Lakukan Asesmen Diagnostik - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Tahun Ajaran Baru, Guru Diimbau Lakukan Asesmen Diagnostik


Jakarta,
Anetry.Net
– Guru diimbau agar melakukan asesmen diagnostik untuk mengenali kemampuan peserta didik.

 

Imbauan tersebut disampaikan Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Muhammad Hasbi saat Silaturahmi Merdeka Belajar, dengan topik “Pulihkan Pendidikan Melalui Pembelajaran Tatap Muka”, pada Kamis lalu.

”Guru perlu melakukan asesmen diagnostik kepada semua peserta didik. Jadi, saat PTM, guru bisa menerapkan pembelajaran berbasis kemampuan murid,” disampaikan Hasbi.

 

Asesmen diagnostik merupakan suatu asesmen yang dilakukan secara spesifik untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan siswa, sehingga pembelajaran dapat dirancang sesuai dengan kompetensi dan kondisi siswa.

 

Penerapan asesmen diagnostik ini, kata Hasbi, telah sejalan dengan upaya Kemdikbudristek dengan memperkenalkan Kurikulum Merdeka.

 

“Kurikulum Merdeka ini memiliki sejarah yang panjang di mana pada awal pandemi, Kemdikbudristek melakukan penyesuaian terhadap Kurikulum 2013 yang kemudian melahirkan Kurikulum Darurat,” terangnya.

 

Oleh karena itu, sambungnya, Kurikulum Merdeka menjadi amunisi bagi pemerintah untuk melakukan pemulihan pembelajaran. “Ini adalah strategi utama kami untuk membawa kembali siswa ke sekolah,” ucap Hasbi. (SP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad