Susun Ensiklopedia Pembelajaran Quran, Kemenag Targetkan Selesai September - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 29 Juli 2022

Susun Ensiklopedia Pembelajaran Quran, Kemenag Targetkan Selesai September


Bogor, Anetry.Net
Direktorat PD Pontren susun buku Ensiklopedia Metode Pembelajaran Al-Quran.

 

Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur menyebutkan, penyusunan buku ensiklopedia ini dilakukan untuk memberikan rekognisi atas penemuan berbagai metode pembelajaran Al-Qur'an.

 

Waryono mengatakan, metode pembelajaran Al-Quran yang saat ini berkembang di Indonesia bisa jadi ada yang merupakan temuan baru, tidak diperoleh dari kampus-kampus. Bahkan mungkin juga karya inovasi dari ulama Al-Qur'an khas Indonesia yang belum dilakukan ulama di dunia.

 

"Kami merasa bahwa adanya metode-metode pembelajaran Al-Qur'an yang nyata digunakan oleh ulama dan lembaga pendidikan Al-Qur'an di Indonesia itu menjadi sesuatu yang baru di dunia. Sebab biasanya hanya manahijut tafsir (metode-metode tafsir),” terang Waryono.

 

Oleh karena itu, sambungnya, ketika ensiklopedia ini menjadi buku yang tersebar di perpustakaan, semoga dapat juga menjadi pemantik bagi para akademisi dan penelitian untuk melakukan pengkajian atas metode pembelajaran Al-Qur'an lebih lanjut," ujar Waryono.

 

Mantan Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berkomitmen untuk  memberikan penghargaan kepada para penemu metode pembelajaran Al-Qur'an. Langkah ini, menurutnya sebagai bentuk kehadiran negara.

 

"Ini menjadi bentuk rekognisi negara kepada mereka para penemu metode pembelajaran Al-Qur'an. Kita beri penghargaan," terangnya.

 

Buku  ensiklopedia itu direncanakan rampung pada September mendatang, sehingga dapat langsung didistribusikan ke kabupaten/kota serta lembaga pendidikan Al-Qur'an sebagai kado hari santri tahun 2022 pada bulan Oktober nanti.

 

Workshop ini berlangsung tiga hari, 27-29 Juli 2022. Kegiatan itu diikuti para pakar, praktisi pendidikan Al-Qur'an, akademisi, serta perwakilan dari Kanwil Kemenag Jawa Barat dan Kab Bogor.

 

Workshop ini diharapkan menghasilkan draft final buku yang dapat menyempurnakan isi buku Ensiklopedia Metode Pembelajaran Al-Qur'an. (sumber: kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad