Sudah Punya Wawasan Luas tentang Internet? Baca Dulu yang Ini - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 25 Juli 2022

Sudah Punya Wawasan Luas tentang Internet? Baca Dulu yang Ini


Pekalongan, Anetry.Net
– Kebutuhan primer bagi setiap orang kian bertambah, salah satunya adalah akses internet.

 

Internet digunakan untuk mengakses segala sesuatu, termasuk informasi yang disebar di dunia ‘kedua’ (dunia maya). Tapi hingga kini, masih banyak pengguna internet yang tidak pernah tahu raga, layanan yang memiliki fungsi khusus.

 

Mengetahui ragam layanan internet yang biasa dimanfaatkan, apalagi selama ini sudah digunakan, tentu akan menambah wawasan sebagai pengguna.

 

World Wide Web (www)

 

Mungkin sudah tidak asing bagi pengguna internet. Www kerapkali ditemukan di bagian depan alamat url suatu website.

 

World Wide Web (www) merupakan kumpulan dokumen hypertext yang tersimpan dalam internet web server. Melalui link ini, pengguna akan lebih mudah berpindah satu halaman ke halaman lain, atau dari satu server ke server lainnya hanya dengan mengkliknya.

 

Electronic Mail (E-mail)

 

Ini adalah layanan internet untuk mengirim surat dengan media elektronik. Dengan fasilitas ini pengguna bisa berkirim surat dalam bentuk teks hanya dengan beberapa detik saja.

 

Pengirim cukup memasukkan alamat yang dituju tanpa harus memakai prangko ataupun pergi ke kantor layanan pengiriman. Syaratnya pengirim memiliki alamat e-mail yang dituju.

 

E-mail memiliki fitur mail box yang berfungsi untuk menerima e-mail yang masuk, membalas pesan, menghapus, hingga mengeditnya. Selain berkirim pesan, pengguna sesama e-mail dapat berkirim file berupa dokumen, gambar, dan lain sebagainya.

 

Chatting

 

Sejak kemunculan layanan internet secara masif satu dekade ke belakang, layanan telepon tetap dan pesan pendek (SMS) saat ini cukup jarang digunakan. Semakin berkembangnya internet, pengguna lebih beralih ke layanan chatting.

 

Search Engine

 

Dalam mengakses situs atau laman tertentu, pengguna tentu memerlukan layanan search engine (mesin pencari). Layanan ini yang berguna bagi pengguna menuju laman dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

 

Mesin pencari merupakan program berbasis web yang diperuntukkan untuk mencari informasi. Layanan ini berfungsi untuk mencari informasi dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan.

 

Informasi yang dapat dicari bermacam-macam, mulai alamat situs web, alamat blog, berita, data, dan informasi lainnya, baik yang sudah lampau maupun informasi terkini. (sumber: kompascom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad