Siap-siap, Kemenag akan Berikan Guru Rumpun PAI Beasiswa S2 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 24 Juli 2022

Siap-siap, Kemenag akan Berikan Guru Rumpun PAI Beasiswa S2


Makassar, Anetry.Net
– Dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, Kemenag persiapkan guru master rumpun mapel PAI melalui beasiswa S2.

 

Hal ini disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, di forum finalisasi Penyusunan Petunjuk Teknis Beasiswa Guru Master di Makassar pekan lalu.

 

"Untuk beasiswa tahap pertama ini, kami merencanakan bagi tiga jenis guru pengampu mata pelajaran, yakni Akidah Akhlak, Quran Hadis, dan Ilmu Kalam," ujar Muhammad Zain.

 

Pemilihan tiga bidang mapel rumpun agama Islam tersebut juga sangat strategis, sebut Zain, karena  dapat menguatkan nalar kritis para guru madrasah. Tradisi berpikir kritis (critical thinking) adalah salah satu dari 6C yang merupakan aspek yang selalu ditekankan untuk ditanamkan kepada peserta didik. 

 

"Jika guru memiliki tradisi kritis, dipastikan akan diturunkan kepada siswanya. Jika siswa memiliki nalar kritis, dipastikan memiliki cara pandang dan sikap moderat," tegasnya lebih lanjut. 

 

“Tentunya, hal ini akan mensupport salah satu program prioritas menteri yakni penguatan moderasi beragama,” sambungnya. 

 

Sementara itu Kasubdit Bina GTK MA/MAK yang juga Sekretaris Pokja Moderasi Beragama Ditjen Pendis Anis Masykhur mengatakan, pertimbangan pemilihan mapel tersebut diarahkan untuk mengatasi sebagian permasalahan guru.

 

Anis menjelaskan, hasil asesmen nasional pendidik yang dilakukan pada tahun 2020 dan 2021, menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru lebih rendah daripada kompetensi pedagogiknya. 

 

"Program guru master madrasah ini menemukan momentumnya, dan mereka diharapkan menjadi guru yang memiliki pengetahuan layaknya master," tegasnya. (sumber: kemenag)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad