Sekolah dengan Kurikulum 2013 Bisa Terapkan Prinsip Kurikulum Merdeka - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 22 Juli 2022

Sekolah dengan Kurikulum 2013 Bisa Terapkan Prinsip Kurikulum Merdeka


Jakarta, Anetry.Net
Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di banyak satuan pendidikan. Lalu bagaimana sekolah yang ingin tiru modelnya?

 

Kemdikbudristek menyikapi hal itu dengan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan yang belum terdaftar sebagai pelaksana IKM untuk menerapkannya secara prinsip.

 

Sekolah-sekolah semacam ini disebut sebagai sekolah level 1 Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) atau setara dengan tahap Mandiri Belajar.

 

Seperti diketahui, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sendiri terdiri dari tiga level, mulai dari Mandiri Belajar (level 1), Mandiri Berubah (level 2), sampai Mandiri Berbagi (level 3).

 

Sekolah yang sudah berada di level kedua dan ketiga sudah mengubah struktur kurikulum merdeka dan tercatat di Dapodik. Sementara, sekolah yang masih level 1 masih belum mengubah struktur kurikulumnya.

 

"Kalau mau mengubah struktur kurikulum harus tercatat sebagai implementator Kurikulum Merdeka di tingkat dua dan tiga," ujar Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek Anindito Aditomo melalui Silaturahmi Merdeka Belajar bertema Meluruskan Miskonsepsi Implementasi Kurikulum Merdeka (21/7).

 

"Sekolah yang ingin menerapkan menggunakan buku teksnya misalnya, kemudian melakukan asesmen diagnostik untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan murid, itu boleh dilakukan meskipun masih menggunakan struktur Kurikulum 2013," ucapnya.

 

Untuk itu, sekolah dan guru bisa mendapatkan panduan implementasinya melalui modul Merdeka Mengajar yang diakses melalui akun belajar.id. Pendidik juga dapat memperoleh pedoman pembelajaran di situs https://kurikulum.kemdikbud.go.id. (sumber: detikedu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad