SEAQIL Gelar Kegiatan Klub Literasi Sekolah 2022 - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 14 Juli 2022

SEAQIL Gelar Kegiatan Klub Literasi Sekolah 2022


Jakarta, Anetry.Net
– SEAMEO QITEP in Language (SEAQIL) menggelar kegiatan pembukaan Klub Literasi Sekolah (KLS) 2022.

 

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek) Rachmadi Widdiharto,  pada Rabu (13/7) secara daring menyampaikan, Kemdikbudristek mengapresiasi SEAQIL yang telah menyelenggarakan Klub Literasi Sekolah (KLS) sejak 2021.

 

“Program KLS sejalan dengan program Kemdikbudristek, yaitu Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), Gerakan Literasi Nasional (GLN), dan Asesmen Nasional (AN) dalam bidang literasi,” kata Rachmadi Widdiharto, seperti dikutip dalam rilis Kemdikbudristek di Jakarta, Kamis (14/7).

 

“Semoga program SEAMEO terus berkembang dan maju untuk meningkatkan visibilitas peran Indonesia di kawasan Asia Tenggara. Semoga KLS 2022 dapat berjalan dengan lancar dan mencapai target yang ditentukan,” harap Rachmadi lebih lanjut.

 

KLS dinilai Rachmadi menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan selama tiga bulan di luar kampus. Mahasiswa bisa berperan sebagai pendamping klub literasi di sekolah.

 

“KLS menjadi upaya yang patut kita apresiasi sebagai sebuah program yang melibatkan sinergi dan kolaborasi antarpemangku kepentingan dalam pemajuan literasi di Indonesia, yang meliputi perguruan tinggi, dinas pendidikan, sekolah baik di Indonesia maupun Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), komunitas literasi, dan lembaga terkait lainnya,” tambah Direktur GTK Dikdas.

 

Sementara itu Direktur SEAQIL Luh Anik Mayani mengatakan, sejak didirikan pada tanggal 13 Juli 2009, SEAQIL memiliki komitmen untuk menyediakan program yang inovatif dan berkualitas bagi guru bahasa dan tenaga kependidikan di kawasan regional Asia Tenggara.

 

Berbagai program sudah berhasil dilaksanakan oleh SEAQIL, baik dalam cakupan nasional maupun regional. Di antara program dan kegiatan yang dijalankan, merupakan program unggulan yang semakin menunjukkan dampak baiknya kepada para pemangku kepentingan yang terlibat.

 

Dua di antara program-program unggulan yang dimiliki SEAQIL yaitu Klub Literasi Sekolah (KLS) dan Standar Kompetensi BIPA (SKP BIPA).

 

Kedua program tersebut kata Luh Anik akan diangkat menjadi fokus perayaan ulang tahun ke-13 SEAQIL. SEAQIL melaksanakan KLS sebagai salah satu upaya dalam menunjang kecakapan hidup melalui peningkatan kompetensi siswa dalam kecakapan berliterasi baca tulis dan tutur yang berorientasi pada kecakapan abad ke-21.

 

Hal itu sangat berguna bagi pengembangan kompetensi SDM muda Indonesia dalam mengasah kemampuan mereka berpikir kritis, berkolaborasi, bertindak kreatif, dan berkomunikasi. (sumber: infopublik)

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad