Pusat Penguatan Karakter Gelar Digital Campaign Activity - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 Juli 2022

Pusat Penguatan Karakter Gelar Digital Campaign Activity


Jakarta, Anetry.Net
– Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemdikbudristek gelar kegiatan kampanye digital (Digital Campaign Activity).

 

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Penguatan Karakter (Kapuspeka) Hendarman menjelaskan, kampanye ini menyasar para pelajar pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan perguruan tinggi yang aktif menggunakan media digital.

 

“Kami di Puspeka ingin memunculkan kecintaan, kebanggaan dengan Pancasila. Kami pilih kampanyenya digital karena ini adalah medium yang sangat dekat dengan generasi muda. Strategi ini dibuat untuk membangun perhatian yang melibatkan pelajar melalui aktivasi kreasi,” tuturnya dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB) “Pelajar Pancasila Bangga Punya Pancasila” yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI, Kamis (30/6).

 

Hendarman mengutip hasil penelitian dari We Are Social pada Februari 2022, rata-rata penggunaan internet per harinya pada usia 16-48 tahun adalah 8 jam 36 menit. Menurutnya, sangat disayangkan kalau potensi ini tidak digunakan untuk hal positif salah satunya adalah untuk menambah kecintaan terhadap Indonesia.

 

“Dengan cara yang menarik yakni menampilkan kemampuan artistik dan kreatif ini, harapannya generasi muda akan bersama-sama menjadi bagian dari kampanye. Dengan demikian, mereka bisa memahami nilai luhur Pancasila dan mampu melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam menjunjung ideologi bangsa dan negara,” ujar Hendarman.

 

Sependapat dengan Kapuspeka, pemilihan kampanye melalui media sosial khususnya Instagram dinilai praktisi komunikasi Dian Aris Maulana sebagai strategi yang tepat. Ia juga menyarankan agar ke depannya Kemdikbudristek bisa merambah media kampanyenya melalui aplikasi Tik Tok, Twitter, bahkan status Whatsapp yang umum digunakan oleh masyarakat awam.

 

“Karena kanal-kanal tersebut sangat berpengaruh. Apalagi kalau kementerian juga mengoptimalkan kampanye secara luring tidak hanya daring, seperti lokakarya (workshop), seminar, dan kunjungan (roadshow) ke sekolah-sekolah,” sebutnya. (SP)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad