Pesawat Cosmic Girl Sukses Luncurkan Roket Pembawa Tujuh Satelit - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 04 Juli 2022

Pesawat Cosmic Girl Sukses Luncurkan Roket Pembawa Tujuh Satelit


Jakarta, Anetry.Net
– Roket yang membawa tujuh satelit dari pangkalan udara Mojave, California, sukses diluncurkan Virgin Orbit.

 

 Peluncuran itu sendiri tak seperti biasanya. Roket diluncurkan pada malam hari, tepatnya pukul 01.49 pagi waktu setempat.

 

Sejauh ini, Virgit Orbit telah melakukan lima upaya peluncuran roket menggunakan metode ini sejak Mei 2020 dan hanya gagal sekali. Itu pertama kalinya perusahaan roket meluncurkan satelit di malam hari. Biasanya, peluncuran roket selalu dilakukan di siang hari.

 

Menurut laporan The Verge, Minggu (3/7) kemarin, Virgin Orbit membawa satelit ke orbit rendah Bumi dengan bantuan pesawat pengangkut Boeing 747 yang dinamai Cosmic Girl.

 

Berbeda dengan perusahaan roket seperti SpaceX milik Elon Musk, Virgin Orbit membawa satelit ke luar angkasa tanpa menggunakan roket. Namun, memakai pesawat Boeing 747 yang dimodifikasi untuk meluncurkan roketnya.

 

Metode ini dikenal sebagai peluncuran udara. Dengan tidak meluncurkan roket dari tanah, Virgin Orbit memiliki banyak keuntungan dan fleksibilitas. Salah satunya, bisa mengangkasa di malam hari.

 

Pesawat Boeing 747 Cosmic Girl terbang dengan ketinggian sekitar 35.000-45.000 kaki di atas tanah. Lalu, meluncurkan roket berisi satelit dengan berat sekitar 500 kilogram ke luar angkasa.

 

Pesawat tersebut mengangkut roket LauncherOne yang terpasang di bawah salah satu sayapnya. Di misi yang disebut Straight Up itu, ada 7 satelit peneliti yang diluncurkan ke orbit rendah bumi (Low Earth Orbit/LEO) dengan ketinggian sekitar 500-2.000km dari bumi.

 

Mulanya, proses peluncuran sempat tertunda (seharusnya dilakukan Kamis) setelah ditemukan bahwa suhu propelan roket sedikit di luar batas normal.

 

Meski telah berhasil menyelesaikan semua peluncurannya dari California, Virgin Orbit berencana menjalankan misi berikutnya dengan lepas landas dari Cornwall Inggris akhir tahun ini. (sumber: sindonews)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad