Pesawat Antariksa Capstone Hilang Kontak, NASA Berikan Penjelasan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 08 Juli 2022

Pesawat Antariksa Capstone Hilang Kontak, NASA Berikan Penjelasan


Jakarta, Anetry.Net
Pesawat ruang angkasa Capstone hilang kontak dengan NASA Rabu Lalu.

 

Melansir laman NASA, Capstone mengalami masalah komunikasi setelah peluncurannya. Capstone melakukan kontak awal dengan stasiun DSN di Madrid Spanyol, diikuti kontak parsial dengan stasiun Goldstone di California.

 

Dari kontak ini, operator misi dapat menentukan perkiraan posisi dan kecepatan Capstone di luar angkasa. Sebagai akibat dari masalah komunikasi, manuver koreksi lintasan pertama Capstone, yang semula dijadwalkan pada 5 Juli pun tertunda.

 

“Tim pendukung sedang mencoba untuk menentukan penyebabnya (hilang kontak) dan membangun komunikasi kembali,” ujar juru bicara NASA Sarah Frazier dikutip dari Bloomberg.

 

Pesawat antariksa tanpa awak yang dimiliki dan dioperasikan oleh Advanced Space LLC itu, diluncurkan dari Launch Complex 1, Selandia Baru pada 28 Juni lalu. Peluncurannya sendiri dilakukan menggunakan Rocket Lab USA Inc.

 

Berselang enam hari, Capstone berpisah dari roket tahap atas dan memulai perjalanannya selama empat bulan untuk mengorbit di Bulan.

 

Tujuan utama perjalanan Capstone adalah untuk menguji orbit yang akan digunakan oleh Gateway, sebuah stasiun ruang angkasa kecil NASA yang akan menjadi area pementasan untuk perjalanan ke permukaan bulan.

 

Stasiun tersebut terdiri daripelabuhan dok untuk mengunjungi pesawat ruang angkasa dan tempat bagi kru untuk tinggal dan bekerja.

 

Stasiun Gateway merupakan bagian dari Program Artemis NASA. Untuk itu pihak NASA berencana mengembalikan astronot ke permukaan bulan pada awal 2025. (sumber:kompascom)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad