Penerapan Kurikulum Merdeka Potensial Tingkatkan Skor PISA Indonesia - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 29 Juli 2022

Penerapan Kurikulum Merdeka Potensial Tingkatkan Skor PISA Indonesia



Surakarta, Anetry.Net
Kolaborasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka ini selain untuk pemulihan pembelajaran juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Pernyataan itu disebutkan Direktur Sekolah Menengah Kejuruan Kemdikbudristek Wardani Sugiyanto saat kunjungan krjanya di Surakarta Jawa Tengah.

 

Ia menyampaikan salah satu urgensi pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah peningkatan capaian pembelajaran siswa dalam aspek-aspek yang paling esensial, di antara numerasi dan literasi.

 

Kedua aspek itu tercermin dalam skor Programme for International Student Assessment (PISA), yaitu asesmen yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) kepada anak-anak usia 15 tahun di seluruh dunia.

 

"Kita mengejar nilai PISA di 2024 terutama nilai literasi dan numerasi itu, salah satunya dengan Kurikulum Merdeka dan didukung Platform Merdeka Mengajar," ungkap Wardani saat mengunjungi Dinas Pendidikan Surakarta dan beberapa sekolah di Surakarta, tiga hari lalu.

 

Pada kesempatan tersebut, Wardani menyampaikan banyaknya miskonsepsi yang terjadi dalam implementasi Kurikulum Merdeka juga menjadi tantangan dalam optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

 

“Sesungguhnya implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri saat ini bukan merupakan keharusan atau kewajiban, namun sebuah pilihan yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesiapan satuan pendidikan,” tuturnya. (SP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad