Pemerintah Daerah Apresiasi Langkah Kemdikbud Siapkan Formasi PPPK - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Pemerintah Daerah Apresiasi Langkah Kemdikbud Siapkan Formasi PPPK


Surabaya, Anetry.Net
– Perwakilan pemerintah daerah apresiasi kinerja Kemdikbudristek terkait koordinasi dan sinkronisasi data formasi PPPK.

 

Dumuliahi Djami, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dalam kegiatan koordinasi yang sudah ditutup 15 Juli lalu menyatakan, kegiatan yang dilakukan sangat tepat. Sebab, kebutuhan guru di daerah sangat besar.

 

“Kami memberikan apresiasi terhadap Ditjen GTK Kemendikbudristek yang memberikan ruang bagi kita untuk berdiskusi terkait apa yang bisa dilakukan bersama guna pemenuhan guru di daerah masing-masing,” kata Dumuliahi.

 

Ia melanjutkan, rekrutmen ASN PPPK tahun 2022 merupakan langkah yang sudah sangat luar biasa. Dirinya mendorong agar ke depan format rekrutmen seperti ini bisa dilakukan kembali. Bahkan tidak hanya untuk formasi pendidik/guru, tetapi juga pendidik lainnya yang menunjang proses pembelajaran.

 

Senada, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek, Eko Yuniati menyampaikan, rapat koordinasi dapat membantu pemerintah daerah yang selama ini bingung dalam menyelesaikan permasalahan tenaga honorer.

 

“Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami jadi terbantu sekali. Kami bisa berdiskusi dengan Kemendikbudristek, Kementerian Keuangan, BKN, KemenpanRB dan juga Kemendagri sehingga kebijakan ini tidak hanya menjadi kebijakan daerah, tetapi juga kebijakan nasional,” ucap Eko.

 

Untuk formasi guru yang diajukan, Eko menambahkan, guru honorer di daerahnya yang tercatat di dapodik sekitar 1.125 orang per Juli 2022. Jumlah tersebut termasuk guru yang sudah ikut seleksi tahun lalu dan lulus passing grade yang berjumlah 611 orang. Sedangkan pada 2021, guru honorer yang sudah diangkat menjadi guru ASN PPPK mencapai 546 orang.

 

“Kami akan upayakan 1.125 guru honorer ini bisa memenuhi semuanya. Kami sudah melakukan koordinasi dari awal dengan OPD terkait, berapa kemampuan anggaran kami untuk betul-betul bisa mengangkat guru honorer di daerah kami,” ujar Eko.

 

Serupa dengan pemerintah daerah lainnya, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Surabaya,  Mamik Suparmi menyampaikan sinkronisasi data antara pemerintah pusat dengan daerah menjadi awalan yang bagus untuk rekrutmen guru ASN PPPK 2022.

 

Mamik berharap dengan mekanisme rekrutmen yang sudah diperbaharui dapat dijalankan pemerintah daerah sebaik-baiknya. “Sehingga harapan ada guru-guru profesional melalui PPPK ini bisa terwujud untuk perbaikan dunia pendidikan ke depan,” pungkas Mamik. (sumber: laman kemdikbud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad