Pementasan Tari Gambyong dan Gamelan Pukau Warga Jepang - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 01 Juli 2022

Pementasan Tari Gambyong dan Gamelan Pukau Warga Jepang


Jakarta, Anetry.Net
– Tari Gambyong Pangkur dan Gamelan dipentaskan di Jepang. Warga setempat terpukau.

 

Pementasan tari tersebut, merupakan bagian dari pertemuan daring Asia Pacific Ladies Friendship Society (AFLS) melalui media pertemuan virtual Zoom Meeting yang diikuti oleh lebih dari 60 peserta.


Menurut Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno, pertukaran budaya dapat menjadi jembatan yang baik bagi anak-anak muda kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

 

Selain itu, katanya, pemajuan kebudayaan Indonesia yang didorong KBRI Tokyo juga sejalan dengan semangat Merdeka Berbudaya yang digelorakan Kemdikbudristek.

 

“Diplomasi budaya juga berguna untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang dan menarik masyarakat Jepang untuk berkunjung ke Indonesia, dan harapannya dapat membawa dampak baik bagi kesejahteraan dan kemajuan ekonomi Indonesia dari sektor pariwisata dan kebudayaan,” terang Yusli di kediaman Duta Besar Republik Indonesia di Tokyo, Rabu (29/6).

“Harapannya, terjalin banyak kolaborasi baik yang berbentuk formal dan juga berbasis komunitas antara anak-anak muda kedua negara pula,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua DWP KBRI Tokyo Nuning Heri Akhmadi, menyambut seluruh peserta dan memberikan paparannya tentang budaya Indonesia.

 

“Indonesia memiliki kekayaan budaya dan bahasa yang beragam, tapi memiliki persatuan yang kokoh. Setidaknya Indonesia punya 718 bahasa daerah, menurut Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,” ucap Nuning.

 

Selain itu, Nuning juga mengajak seluruh peserta berkunjung ke Indonesia. “Indonesia memiliki kekayaan alam dari pegunungan hingga pantai, kekayaan kuliner, tarian, musik, dan sastra yang luar biasa,” tutur Nuning. (SP)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad