Pakar AI Ditantang Bantu Tim Buru Eksoplanet, Hadiahnya Menggiurkan - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Sabtu, 02 Juli 2022

Pakar AI Ditantang Bantu Tim Buru Eksoplanet, Hadiahnya Menggiurkan


Jakarta, Anetry.Net
– Ariel Data Challenge 2022 mengundang para pakar kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) seluruh dunia.

 

Hal itu sekaitan dengan tantangan untuk membantu luar angkasa Eropa menyelidiki tempat Bumi lain di alam semesta.

 

Dikutip dari Alpha Galileo, Jumat (1/7), pakar AI dan pembelajaran mesin dari dunia industri dan akademisi diminta untuk membantu para astronom memahami planet di luar tata surya, yang dikenal sebagai eksoplanet atau planet ekstrasurya.

 

Diketahui selama kurun waktu yang sudah snagat lama, para astronom hanya dapat melihat sekilas planet-planet di tata surya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, berkat teleskop yang ditempatkan di luar angkasa, mereka telah menemukan lebih dari 5000 planet yang mengorbit bintang lain di galaksi kita.

 

Kini, Badan Antariksa Eropa akan menyelesaikan salah satu survei terbesar yang pernah dilakukan planet-planet ini dengan mengamati atmosfer sekitar seperlima dari planet ekstrasurya yang diketahui.

 

Banyaknya planet dalam survei ini, dan kompleksitas yang diperkirakan muncul dari pengamatan yang ditangkap, para ilmuwan misi Ariel meminta bantuan komunitas AI dan pembelajaran mesin untuk membantu menginterpretasikan data.

 

| Baca Juga: Temuan Jejak Kehidupan di Planet Mars, Ilmuwan Yakin Bisa dihuni


Ariel Data Challenge meminta komunitas AI mencari solusi tersebut. Kompetisi ini dibuka mulai dari 30 Juni hingga awal Oktober.

 

Peserta bebas menggunakan model, algoritma, teknik pra-pemrosesan data, atau alat lain apa pun untuk memberikan solusi. Mereka dapat mengajukan solusi sebanyak yang mereka suka dan menerima kolaborasi antartim.

 

Tim pemenang hadiah pertama akan diberikan $2.000 (sekitar Rp28 juta) dan pemenang hadiah kedua akan menerima $500 (sekitar Rp7 juta). Pemenang juga akan diundang untuk mempresentasikan solusi mereka kepada konsorsium Ariel.

 

Anda berminat mengikuti tantangan ini? Bila anda adalah seorang pakar AI, ayo segera bergabung. (*/ist)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad