Nurtrianik, Influencer Literasi dari Sentra Batik Nasional - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Nurtrianik, Influencer Literasi dari Sentra Batik Nasional


Anetry.Net
– Nurtrianik, sosok guru yang juga aktif sebagai pegiat literasi. Lahir di Pekalongan pada tanggal 4 Maret, Nurtrianik memilih dunia pendidikan sebagai pengabdiannya sejak tahun 2008.

 

Menyadari profesi tersebut memiliki banyak tantangan dalam hal pengembangan diri, keinginan untuk terus mengasah kemampuannya pun terus menjadi passionnya.

 

Perempuan yang berasal dari daerah sentra batik ini, bukan sekadar menjadi pengajar di kelas bagi siswanya. Sehari-hari, ia pun bergerak intens di bidang literasi, publikasi ilmiah, pemberitaan, dan jurnalistik.

 

Berpose di alun-alun Kota Pekalongan bersama putri keduanya, Nada.

Di tengah berkembangnya literasi menulis sebagai bagian dari program Gerakan Literasi Nasional, ia pun merasakan dampak positif bagi dirinya.

 

Penulis dengan ID Google Scholar ZokKWBoAAAAJ ini pun  kian terpacu untuk terus menimba pengetahuan dan wawasan kepenulisan. Banyak sudah pelatihan menulis yang ia ikuti, mulai dari pelatihan menulis sastra (fiksi), maupun pelatihan dan workshop kepenulisan ilmiah.

 

Berbekal kemauan dan keinginan itu, sekaligus mengejawantahkan kewajibannya sebagai guru abdi negara dalam bidang publikasi ilmiah dan karya inovatif, ia pun meneruskan pembiasaan menulis dalam dua bidang yang ia sukai tersebut.

 

Beberapa karyanya telah diterbitkan dalam bentuk buku berISBN, termasuk antologi puisi yang ditulis bersama rekan-rekannya pecinta dunia sastra. Untuk buku ilmiah pendidikan, ia telah menelurkan tiga buku ber  ISBN.

 

Selain itu, Nurtrianik juga aktif di dunia jurnalistik dengan bukti kepemilikan dan pengelolaan media informasi (media massa online) nasional dengan domain www.anetry.net. Sejumlah media yang tergabung di bawah naungan P3SDM Melati Media Group ia kelola hingga kini.

 

Di tengah kesibukannya sebagai pendidik yang harus menyediakan banyak waktu untuk kepentingan mengajar, penelitian tindakan kelas (PTK) pun terus dilakukan oleh peneliti dengan nomor ID Orcid 0000-0003-2215-234X ini. Sudah ada beberapa penelitian yang ia susun dan sebagian telah dijurnalkan di media publikasi terakreditasi nasional.

 

Untuk buku berISBN, hingga kini ia telah menulis buku berjudul Kau dan Aku Menjadi Kita, Musyawarah Keluarga Kegiatan Positif di  Masa Covid-19, Penguatan Pendidikan Karakter; Menyongsong Generasi Emas Indonesia, dan Celoteh Guru.

 

Bersama Pustakawati Perpustakaan Daerah Kabupaten Pekalongan saat penyerahan buku karyanya. 

Sementara pada publikasi ilmiah, penelitiannya yang sudah dipublikasikan di jurnal nasional antara lain, Tanggung Jawab Pendidik (Guru) Tidak Menyusut Selama Pandemi (Nopember 2021), dan Peningkatan Kompetensi Mendeskripsikan Perjuangan Melawan Penjajah Belanda dan Jepang Melalui Penggunaan Model Make A Match pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017 (Desember 2021).

 

Selain itu, penelitian lainnya yang juga telah terpublikasi adalah, Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Deskriptif Menggunakan Model Quantum dengan Tahapan “TANDUR” pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Pekalongan, Pohon Absen Meraih Bintang untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Kehadiran Tepat Waktu Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Karangasem (Pebruari 2022), dan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila (Maret 2022).

 

Kini, selain mengelola jurnal dan P3SDM Melati Media Grup, Nurtrianik juga tengah disibukkan dengan program-program pengembangan kegiatan di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati.

 

Melalui lembaga yang ia kelola itu, beragam kegiatan literasi pun telah dijalankan. “Kita mewadahi para pendidik dan pegiat literasi dalam mengembangkan diri, termasuk pelatihan dan penerbitan buku dan karya tulis lainnya,” demikian ujarnya dalam acara Bincang Redaksi beberapa waktu lalu. (*)

Narator: NITM

Foto: Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad