Nurmalia Ika Widiasari, Notaris yang Juga Pegiat Literasi Menulis - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 18 Juli 2022

Nurmalia Ika Widiasari, Notaris yang Juga Pegiat Literasi Menulis


Anetry.Net
– Nurmalia Ika Widiasari nama lengkapnya. Sosok yang kini intens bergerak sebagai influencer literasi menulis ini, lahir di Yogyakarta pada tahun 1979 silam.

 

Walaupun sehari-hari memiliki profesi yang tidak bisa dikatakan memiliki waktu waktu longgar, Notaris dan PPAT Grobogan yang akbrab disapa Lia ini pun masih menyempatkan waktu di sela-sela kesibukannya untuk terus berkarya dan mengajak orang-orang di sekitarnya mengembangkan diri di dunia menulis.

 

Menulis sudah menjadi passionnya sejak masih belia. Tercatat, waktu masih menduduki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) kala itu di SMU Stella Duce 2 Yogyakarta,  Lia  sudah aktif menulis artikel. Waktu itu, artikel yang ia tulis terbit di tabloid Gathotkaca edisi Juli 2004.

 

Artikel berjudul ‘Kenapa Harus Ratna?’ yang ditulisnya kemudian juga terbit di Koran Radar Yogya-Jawa Pos. Menulis pun terus menjadi kebiasaannya sehari-hari.

 

Lia bersama suami dan kedua putrinya. (Foto: Pribadi)

“Tidak ada waktu untuk berhenti menulis,” begitu ujar alumnus tahun 1991 SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta ini  ketika bincang-bincang bersama redaksi AneTry.Net pada suatu ketika.

 

Semasa kuliah di Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Lia yang menamatkan  meraih prestasi di bidang kepenulisan. Ketika itu ia menempati peringkat tiga Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di kampus tempatnya belajar.

 

“Prestasi tersebut menambah motivasi untuk terjun ke dunia literasi menulis,” terang influencer yang menamatkan pendidikan menengah pertamanya pada tahun 1994 di SMP 14 Yogyakarta itu.

 

Kedua putri Lia, Annisa Gendhis Safira dan Arjani Gita Safira . (Foto: Pribadi) 

Sejak aktif menulis dan menjadi influencer literasi, Lia telah berkarya dalam bentuk kumpulan puisi dan lainnya. Hingga kini, tercatat ada 50 buku antologinya bersama rekan-rekan penulis dan pegiat literasi dari berbagai daerah di Nusantara.

 

Ibu dari dua orang putri bernama Annisa Gendhis Safira (13 th) dan Arjani Gita Safira (10th) ini memiliki kemauan yang kuat untuk turut serta mengembangkan budaya literasi bagi lingkungannya serta pertemanannya yang tersebar di seantero tanah air.

 

Melalui kegiatan-kegiatan pelatihan menulis yang ia kelola bersama pegiat literasi lainnya, sudah cukup banyak melahirkan para penulis pemula dan kian berkembang hingga kini.

 

Sejumlah buku yang ditulis Lia bersama rekan-rekan pecinta literasi. (Foto: Pribadi)

Kesibukannya sehari-hari, tidak pernah memadamkan semangatnya pada literasi menulis. Istri dari seorang suami bernama Bambang ini berpendapat, menulis dapat membuka jiwa dan mengembangkan wawasan tak terbatas.

 

“Menulis itu seni. Dengan seni kita akan merasakan hidup lebih bermakna,” katanya kepada Pemimpin Umum media AneTry.Net.

 

Saat ini, Lia pun tengah menyelesaikan garapannya untuk novel berjudul Tak Seharusnya.’ Ia berharap, dunia literasi menulis menjadi bagian dari seluruh profesi. Karena dengannya akan memberikan tambahan pengetahuan bagi setiap orang.

 

Lia, akan tetap menulis dan mengajak semua orang untuk turut serta mengembangkan literasi. Ia tak akan berhenti hingga hari tuanya menjelang, menulis dan menulis lagi.

 

Bagi kawan-kawan yang ingin bersilaturahmi dengan tokoh influencer literasi ini bergelar akademik Magister Kenotariatan (M.Kn) lulusan Universitas Sultan Agung (Unisula), dapat menjalin pertemaman melalui akun Facebooknya Kinanthi_rinjani, atau bisa pula bercengkerama melalui akun Instagramnya @Kinanthi_Rinjani01. (*)

Sumber: Nurmalia Ika Widiasari
Narator: NITM
Editor: Nurtrianik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad