‘Ngerebeg’ Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Jumat, 15 Juli 2022

‘Ngerebeg’ Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia


Bali, Anetry.Net
Menjaga tradisi milik negeri sendiri adalah bagian patriotisme yang harus ditanamkan pada setiap generasi.

 

Kekayaan tradisi Indonesia, tersebar dan sangat banyak jenisnya di seluruh pelosok daerah. Seperti tradisi Ngerebeg di Desa Adat Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali.

 

Kini, tradisi tersebut telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Kemdikbudristek.

 

Adapun sertifikat penetapan tradisi Ngerebeg sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia diteken oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim. 

 

"Dengan telah ditetapkannya tradisi Ngerebeg sebagai Warisan Budaya Tak Benda, maka Desa Adat Tegallalang bertekad untuk terus menjaga kelestarian dan kesakralan tradisi ini," tutur Bendesa Adat Tegallalang, I Made Kumarajaya, dilansir Antara, Rabu (13/7) lalu.

 

Tradisi Ngerebeg, lanjutnya, adalah warisan turun-temurun. Tradisi ini digelar sehari menjelang piodalan Pura Duur Bingin di Desa Adat Tegallalang, setiap enam bulan sekali berdasarkan sistem penanggalan Bali, tepatnya pada Wraspati Umanis Pahang.

 

Tradisi ini dijalani oleh anak-anak dan remaja, yang tubuhnya dipenuhi hiasan menyeramkan. Mereka pun mengikuti arak-arakan keliling desa sembari membawa hiasan penjor dari pelepah salak dan pelepah daun jaka atau aren.

 

"Prosesi ritual ngerebeg bermakna menetralisir pengaruh negatif dan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sebagai ucapan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa," ujarnya. (sumber: kompascom)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad