NASA Ungkap Temuan ke-9 di Planet Mars, Benarkah Ada Kehidupan? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Senin, 11 Juli 2022

NASA Ungkap Temuan ke-9 di Planet Mars, Benarkah Ada Kehidupan?


Pekalongan, Anetry.Net
Penjelajah NASA Perseverance saat ini menjelajahi delta sungai kuno di Planet Mars.

                           

Penjelajahan itu tepatnya dalam Kawah Jezero. Hasilnya, Perseverance telah mengumpulkan sampel batuan Mars kesembilan. Sampel tersebut didapat tak jauh dari lokasinya mendarat di planet tersebut pada Pebruari tahun lalu.

 

Perseverance memang memiliki tugas menggali permukaan planet Marrs untuk mencari bukti air di masa lalu Mars dan tanda-tanda kehidupan Mars kuno.

 

Pada misi tersebut, Perseverance juga membawa dua mikrofon onboard untuk merekam suara Mars.

 

"Sampel batuan kesembilan ada di dalam tabung. Tim saya telah menunggu bertahun-tahun untuk mendekati delta sungai ini dan melihat apa yang mungkin diungkap oleh kehidupan masa lalu di Mars," tulis akun Twitter Perseverance pada Jumat (8/7).

 

Hingga kini, Perseverance telah menjelajahi Kawah Jezero selebar 45 km selama lebih dari setahun untuk mencari tanda-tanda kehidupan di Mars.

 

Dilansir dari Space.com, para ilmuwan percaya bahwa kawah itu pernah menjadi pusat danau dan delta sungai, menjadikannya wilayah yang sempurna untuk berburu tanda-tanda kehidupan purba atau air di Mars.

 

Jika kehidupan pernah ada di Mars, bebatuan di daerah delta sunga ini mungkin menunjukkan bukti fosil molekuler, molekul organik yang diciptakan oleh organisme hidup purba.

 

Jika semua berjalan sesuai rencana, misi pengembalian sampel Mars yang merupakan kolaborasi NASA dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) akan mengangkut sampel Mars yang dikumpulkan Perseverance kembali ke Bumi pada sekitar awal 2033. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad