Modul Ruang Angkasa China Sukses Diluncurkan untuk Wahana Eksprerimen - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Kamis, 28 Juli 2022

Modul Ruang Angkasa China Sukses Diluncurkan untuk Wahana Eksprerimen


Jakarta, Anetry.Net
Untuk yang kedua, China luncurkan modul stasiun luar angkasanya yang bernama Wentian.

 

Peluncuran Wentian dilakukan dari pelabuhan antariksa Wenchang di pulau selatan Hainan, pada Minggu (24/7) pagi. Modul baru ini akan menjadi wahana eksperimen di stasiun luar angkasa dan dilengkapi lengan robot sepanjang 5 meter.

 

Wentian sepanjang 17,9 meter diluncurkan ke orbit menggunakan roket angkut berat Long March 5B. Modul ini segera menyusul dan terhubung dengan Tianhe, stasiun ruang angkasa pertama China, yang diluncurkan April 2021 lalu.

 

Modul Wentian, yang secara harfiah berarti pencarian surga, adalah modul kedua dari tiga modul yang direncanakan untuk diluncurkan oleh China. Yang ketiga, bernama Mengtian dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan Oktober 2022 dan akan menyelesaikan pembangunan stasiun luar angkasa Tiangong yang berbentuk T.

 

Fungsi utama Wentian adalah menjadi tempat serangkaian percobaan yang memungkinkan astronot untuk melakukan berbagai eksperimen sains di orbit, termasuk membawa susunan surya dan airlock baru untuk spacewalks.

 

Selain itu juga fitur tempat tidur astronot tambahan untuk memungkinkan China melakukan serah terima awak di mana enam anggota awak sementara tinggal di atas Tiangong.

 

Tiga astronot dari misi Shenzhou 14 saat ini berada di atas Tianhe menunggu kedatangan modul baru. Ketiganya kemudian akan melakukan penelitan sains langsung dari modul Wentian dalam waktu dekat.

 

Dalam misinya, Wentian juga membawa lengan robotnya sepanjang 5 meter, yang akan dapat beroperasi secara independen atau terhubung dengan lengan robot Tianhe yang lebih besar.

 

Meskipun sudah terhubung dengan pelabuhan dok depan Tianhe, lengan robotik modul utama sepanjang 10m akan digunakan untuk memposisikan ulang Wentian ke pelabuhan samping. (sumber: sindonews/Foto: CNSA/Ourspace)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad