Mengenal Cache di Smartphone? Bolehkah Dihapus? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 12 Juli 2022

Mengenal Cache di Smartphone? Bolehkah Dihapus?


Pekalongan, Anetry.Net
Setiap pengguna smartphone mungkin pernah menggunakan penghapus data di ponselnya.

 

Saat menghapus data tidak penting, ada yang data cache di dalam ponsel yang bisa dipilih untuk dihapus. Apa itu data cache?

 

Cache data adalah informasi yang mencakup gambar, file dan skrip dari situs web atau aplikasi yang disimpan otomatis pada perangkat.

 

Cache data, disimpan dengan tujuan mempercepat proses loading ketika pengguna browsing atau menjalankan aplikasi. Misalnya ketika anda membuka Instagram di ponsel.

 

Kali pertama membukanya, anda tentu harus memasukkan akun serta password. Namun ketika lain waktu anda membukanya lagi, Anda tak perlu melakukan tahap tersebut karena datanya tersimpan sebagai data cache. Dengan begitu, anda akan lebih cepat terhubung ke Instagram bukan?

 

Praktik yang sama juga berlaku pada aplikasi baik Android maupun iPhone. Jadi, anda tidak perlu login setiap kali membuka aplikasi karena data akun tersimpan sebagai data cache.

 

Apakah cache data boleh dihapus? Cache yang disimpan pada perangkat, bersifat sementara dan secara umum tidak begitu penting. Sebab, data cache hanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

 

Jadi, menghapus data cache pada dasarnya sah-sah saja dilakukan dan tidak akan begitu berdampak besar pada aplikasi atau situs web yang anda gunakan.

 

Hanya saja ketika anda membuka situs atau aplikasi yang data chache-nya sudah dihapus, Anda akan diminta login ulang dan waktu loading yang sedikit lebih lama dibanding sebelum menghapusnya. (sumber: kompascom)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad