Komet K2 PanSTARRS Mendekat ke Bumi, Apa Dampaknya? - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Selasa, 26 Juli 2022

Komet K2 PanSTARRS Mendekat ke Bumi, Apa Dampaknya?


Jakarta, Anetry.Net
Fenomena langka berhasil diabadikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari wilayah Indonesia.

 

Fenomena tersebut adalah saat  Komet C/2017 K2 (PanSTARRS) sempat berada pada jarak yang cukup dengan Bumi. "Komet ini melintas terdekat dengan Bumi pada 13 Juli 2022 pada jarak sekitar dua kali jarak Bumi ke Matahari. Saat ini, K2 sedang menuju jarak terdekatnya ke Matahari yang diperkirakan terjadi pada Desember tahun ini," ujar Peneliti BRIN Abdul dalam siaran pers, Senin (25/7).

 

Abdul Rachman yang juga koordinator Balai Pengelolaan Observatorium Nasional (BPON) Kupang mengambil foto detik-detik komet yang diduga berasal dari bagian Tata Surya yang dinamakan Awan Oort.

 

"Karena termasuk dalam golongan komet non-periodik, K2 tidak rutin melintas di dekat Bumi seperti halnya komet-komet periodik misalnya Komet Halley yang periodenya sekitar 83 tahun, sehingga tidak diketahui kapan ia akan melintas di dekat Bumi lagi," jelasnya.

 

Penampakan Komet saat melintas dengan jarak paling dekat dengan Bumi, komet K2 menampilkan ekor debu dan ekor gas. Semakin dekat ke Matahari, ekor gas akan terlihat semakin jelas.

 

"Saat melintas dekat Bumi, K2 hanya bisa dilihat jika memakai teleskop apalagi karena saat itu bertepatan dengan Bulan Purnama. Akan tetapi seiring makin dekatnya komet tersebut dengan Matahari maka ia akan bisa dilihat dengan binokular. Seluruh daerah di permukaan bumi berkesempatan untuk melihat komet itu pada malam hari yang cerah," ungkap Abdul.

 

"Kita bisa mengamati K2 beberapa bulan terutama saat komet itu melintas dekat Bumi, dalam perjalanannya menuju titik terdekatnya dengan Matahari, dan hingga beberapa bulan setelah itu," lanjutnya.

 

Abdul menuturkan, dengan fenomena komet melintas bumi, melalui riset dapat dipelajari kemungkinan jatuhnya komet tersebut ke Bumi.

 

Untuk kasus K2 ini, komet melintasi bumi pada jarak lebih dari 270 juta km sehingga tidak berdampak apa-apa ke Bumi. Dan karena melintasnya cukup jauh dari Bumi, yakni sekitar dua kali jarak Matahari-Bumi maka tidak ada efek negatif yang ditimbulkan. (sumber: detikcom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad