Kesetaraan Gender, Hindarkan Perempuan dari Bias Negatif - Ane Try | Literacy Influencer

Info Terkini

Post Top Ad


Minggu, 03 Juli 2022

Kesetaraan Gender, Hindarkan Perempuan dari Bias Negatif


Jakarta, Anetry.Net
“Kesetaraan gender harus dimulai dari keluarga”.

 

Hal itu diungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga di Jakarta, Rabu (29/6) lalu dalam sebuah acara virtual.

 

Bintang menyatakan, hingga saat ini potensi perempuan di Indonesia masih banyak terhambat, terpendam dan bahkan ada yang termarjinalkan karena pengaruh budaya patriarki yang masih mengakar kuat di sebagian besar masyarakat.

 

“Harus diakui, berbagai pemikiran dan konstruksi sosial yang kurang tepat, khususnya bagi perempuan masih banyak terjadi di masyarakat akibat budaya patriarki. Hal ini menyebabkan perempuan masih dikategorikan sebagai kelompok rentan,” sebutnya.

 

Menurut Bintang, kondisi bias gender itu membawa perempuan pada berbagai permasalahan seperti stigmatisasi, stereotype, marginalisasi, bahkan kekerasan berbasis gender. Hal-hal inilah yang menghambat perempuan untuk bisa memaksimalkan kemampuan diri mereka.

 

“Posisi perempuan masih belum setara untuk terlibat dalam penentuan kebijakan pembangunan, keterlibatan dalam ranah publik, sulit mendapatkan akses finansial dan tidak sepenuhnya dianggap sebagai penerima manfaat pembangunan. Berbagai data dan indeks pun masih menunjukkan adanya ketimpangan antara perempuan dan laki-laki,” sambungnya.

 

Ia menambahkan, upaya kesetaraan gender bukanlah kepentingan perempuan semata, karena pada kenyataannya, perempuan adalah penopang hidup bangsa. (SP)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad